KISI-KISI PENULISAN
SOAL PRAKTIK UJIAN AKHIR SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN
2009/2010
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Jatisari
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kurikulum : KTSP
Alokasi
Waktu : Menyesuaikan
Jumlah
Tugas : 4 butir
NO
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1
|
Mendengarkan
Memahami
wacana lisan yang didengar, baik teks sastra maupun non sastra pesan, dalam
berbagai ragam bahasa berupa cerita teman, teks karangan, pidato, cerita
rakyat, cerita anak geguritan, tembang macapat, dan cerita wayang.
|
Mendengarkan
cerita, kemudian menjawab pertanyaan.
|
Diperdengarkan
cerita rakyat/dongeng, peserta didik dapat menjawab 5 pertanyaan yang
berkaitan dengan isi cerita rakyat/dongeng dengan menggunakan ragam bahasa
sehari-hari (padinan).
|
1
|
2
|
Berbicara
Menggunakan
wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, baik sastra maupun non
sastra dengan menggunakan berbagai ragam
bahasa berupa menceritakan berbagai keperluan, mengungkapkan
keinginan, tokoh wayang, mendeskripsikan benda, menanggapi persoalan
factual/pengamatan, melaporkan hasil pengamatan, berpidato dan
mengekspresikan tembang.
|
Berbicara
dengan ragam bahasa tertentu.
|
Peserta
didik dapat menceritakan pengalaman sendiri dengan menggunakan ragam bahasa
sehari-hari (padinan).
|
2
|
3
|
Membaca
Menggunakan
berbagai keterampilan membaca untuk memahami teks sastra maupun non sastra
dalam berbagai ragam bahasa berupa teks bacaan, pidato, cerita rakyat,
percakapan, geguritan, cerita anak, cerita wayang dan huruf jawa.
|
Membaca
nyaring/indah
|
Disajikan
teks geguritan, peserta didik dapat membacakan dengan lafal, intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
3
|
4
|
Menulis
Melakukan
berbagai ketrampilan menulis baik sastra maupun non sastra dalam berbagai
ragam bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi berupa
karangan sederhana, surat,
dialog, laporan, ringkasan, paraphrase, geguritan dan huruf jawa.
|
Menulis
surat atau
menulis karangan.
|
Peserta
didik dapat menulis surat
kepada teman sebaya dengan ragam bahasa tertentu.
|
4
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar