ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian
II
Penerapan
Konsep Energi Gerak
Kompetensi
Dasar : 1. Membuat kincir angin untuk menunjukan energi
angin dapat berubah menjadi energi gerak.
2. Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator : 1. Menentukan
rancangan yang akan dibuat modelnya, misalnya kincir angin.
2. Menentukan alat dan bahan yang mudah diperoleh
dan mudah digunakan.
3. Memberikan alasan atas penilaian alat/ bahan.
4. Menggunakan alat/ bahan secara tepat.
5. Membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan.
6. Memodifikasi model-model.
7. Memberi saran cara memperbaiki model.
8. Mengaitkan antara model yang di buat dengan
gerak yang diharapkan.
Kelas
/Semester : III (tiga) / 2 (dua)
Ringkasan
Materi :
· Energi adalah kemampuan
untuk melakukan usaha atau kegiatan.
· Tubuh memperoleh energi
dari makanan yang kita makan.
· Tanpa energi, tubuh kita
akan terasa lelah dan lemas.
· Energi yang digunakan
manusia bermacam-macam bentuknya.
· Energi panas adalah
energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.
· Energi mempunyai
bermacam-macam bentuk.
Energi panas, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi,
energi kinetik
· Air terjun dan angin juga
merupakan sumber energi.
· Tujuan penggunaan sumber
energi adalah untuk menghasilkan cahaya, pemanas atau pendingin, dan
menggerakkan suatu benda.
· Sumber energi sangat
penting untuk dikelola dan dihemat penggunaanya.
· Sumber energi ada yang dapat
diperbarui, ada pula yang tidak dapat diperbarui.
· Pada alam terdapat
berbagai macam sumber enrgi, antara lain : makanan, minyak bumi, gas alam,
baterai, listrik, matahari, air dan angin.
· Makanan manusia berasal
dari hewan dan tumbuhan.
· Sumber enrgi utama dan
terbesar di bumi adalah matahari.
· Keberadaan energi tidak
dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
· Energi dapat berubah ke
satu bentuk ke bentuk yang lainnya.
· Sumber energi yang paling
banyak digunakan manusia adalah minyak bumi dan listrik.
· Energi listrik dapat
diubah menjadi bentuk-bentuk energi lain secara cepat dan mudah.
· Energi matahari
dipancarkan ke bumi sebagai gelombang elektromagnet. Sebagian gelombang elektromagnet
menjadi gelombang cahaya yang menerangi
bumi, dan sebagian menyebabkan panas di bumi.
· Energi dari matahari
sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia, yaitu :
a. Membantu
fotosintesis pada tumbuhan
b. Energi
matahari digunakan manusia dan hewan secara langsung atau tidak langsung.
c. Sinar
matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi membantu
pembentukan vitamin D dalam tubuh.
· Usaha-usaha yang perlu
kita lakukan untuk menghemat energi, yaitu :
1. Menggunakan
alat listrik yang hemat energi.
2. Mematikan
alat-alat listrik yang tidak digunakan.
3. Kamar
kosong tidak perlu diberi penerangan.
4. Menggunakan
kendaraan yang hemat bahan bakar.
5. Mematikan
kran air apabila selesai digunakan.
6. Menggunakan
air secukupnya saat mencuci pakaian.
7. Menggunakan
kompor yang hemat energi.
· Sumber-sumber energi yang
terdapat disekitar kita yaitu energi matahari, energi angin, energi air terjun,
energi minyak bumi dan gas, energi batu bara, energi makanan, energi listrik, dan
energi dari batu baterai atau aki.
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian
III
Penampakan
Permukaan Bumi dan Pengaruhnya
Kompetensi
Dasar : 1. Mendiskripsikan kenampakan bumi dilingkungan
sekitar.
2. Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan surya.
3. Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan
manusia.
4. Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara
dan melestarikan alam dilingkungan sekitar.
Indikator
: 1. Mengidentifikasi
berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebagian air).
2. Mengidentifikasi
kondisi cuaca, misalnya : berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
3. Meramalkan keadaan cuaca yang terjadi
berdasarkan keadaan langit, misalnya : awan tebal mungkin akan hujan.
4. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai
dengan keadaan cuaca tertentu.
5. Memberi contoh perilaku yang menunjukan
kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
6. Menjelaskan dampak perilaku yang merusak
lingkungan, misalnya : menebang dan membakar hutan.
Kelas
/Semester : III (tiga) / 2 (dua)
Ringkasan
Materi :
· Permukaan bumi yang tidak
rata terdiri atas daratan dan lautan.
· Daratan terdiri atas
pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai, sungai, dan
tepi pantai.
· Laut adalah kumpulan air
asin yang memisahkan daratan yang satu dengan daratan yang lain.
· Tinggi rendahnya
permukaan bumi disebut relief bumi.
· Berdasarkan
ketinggiannya, pegunungan dikelompokkan menjadi pegunungan rendah, pegunungan
menengah, dan pegunungan tinggi.
· Berdasarkan asal airnya,
sungai dikelompokkan menjadi sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.
· Globe dapat dimanfaatkan
untuk melihat bentuk permukaan bumi secara utuh.
· Bumi berputar pada
porosnya. Bumi juga berputar mengelilingi matahari.
· Bumi berbentuk bulat
seperti bola, tetapi agak pepat pada kedua kutubnya, dan mengembung pada bagian
khatulistiwa.
· Beberapa peristiwa yang
menunjukkan bahwa bentuk bumi bulat, antara lain :
a. Matahari yang baru terbenam, bagian-bagian
yang tinggi masih kelihatan.
b. Kenampakan kapal jika menuju pantai,
pertama-tama yang kelihatan asanya, kemudian cerobongnya, dan baru kapalnya.
· Tiruan bola bumi disebut
globe. Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat gambaran permukaan bumi secara
utuh dan memeragakan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di bumi.
· Setiap daratan mempunyai
ciri-ciri fisik yang dimiliki setiap daratan mengakibatkan perbedaan jenis
tumbuhan yang mampu hidup di daratan.
· Bentuk bumi adalah bulat
pepat.
· Macam-macam kondisi
cuaca, antara lain : cerah, berawan, dingin, berangin, dan hujan.
· Perbedaan kondisi cuaca
menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia.
· Kondisi cuaca dipengaruhi
oleh : suhu udara, letak suatu daerah, tekanan udara, curah hujan , kelembaban
udara dan angin
· Usaha manusia
melestarikan alam yaitu dengan cara : tidak merusak hutan, tanah dan air, Membuat
bendungan (waduk), Tidak mencemari lingkungan sekitar, Tidak mencemari laut, Menanam
kembali hutan yang telah di tebang.
· Lembah adalah daratan
yang rendah disepanjang sungai.
· Bentuk bumi dilihat dari
luar angkasa bulat seperti bola dan berkerut-kerut.
· Warna bumi dilihat dari
luar angkasa adalah berkerut-kerut.
· Bumi berwarna biru adalah
warna laut yang merupakan sebagian besar permukaan bumi.
· Alat penunjuk arah adalah
kompas.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian
IV
Memelihara dan
Melestarikan
Kompetensi
Dasar : Mendiskripsikan
keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat
Indikator
: 1. Memberi
contoh perilaku yang menunjukan kepedulian melestarikan alam.
2. Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap
lingkungan.
3. Bersikap selalu memelihara dan melestarikan
alam sehari-hari.
Kelas /Semester : III
(tiga) / 2 (dua)
Ringkasan
Materi :
· Alam merupakan tempat
makhluk hidup.
· Alam harus kita jaga
pelestariannya, agar kita tetap hidup.
· Sumber daya alam harus
kita jaga dan lestarikan.
· Ada dua macam perbuatan
manusia terhadap alam :
1. Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan
kerusakan sumber daya alam, antara lain :
- Perladangan berpindah.
- Penebangan hutan secara liar.
- Penangkapan ikan dengan bahan peledak.
- Pemburuan hewan.
- Pembukaan hutan-hutan.
- Penggunaan pupuk berlebihan.
- Penggunaan pestisida berlebihan.
- penebangan liar.
- Kegiatan industry yang tidak memperhatikan
lingkungan.
2. Perbuatan manusia yang dapat menunjukan
kepedulian lingkungan yaitu :
- Menanami lahan yang kosong dengan pepohonan.
- Menghindari terjadinya kebakaran hutan.
- Membuang sampah pada tempatnya.
- Membuat penyaringan pada cerobong asap
pabrik.
- Pembuangan limbah industri, debu, dan bau
busuk harus diperhatikan.
- Tidak terlalu berlebihan menggunakan pupuk
kimia dan pestisida.
- Menanamkan sikap disiplin untuk memelihara
lingkungan hidup sehat di rumah, sekolah, dan dalam pergaulan masyarakat.
- tidak menebang pepohonan di daerah aliran
sungai, hulu sungai, atau daerah pegunungan.
- Tidak membuang cairan kimia dan bahan
pencemar lainnya kedalam sungai atau selokan.
· Dampak perilaku manusia
dapat mengakibatkan kerusakan, misalnya : banjir, angin rebut, putting beliung,
tanah longsor/ erosi, polusi udara, polusi air, tanah tandus,dan sebagainya.
· Usaha-usaha untuk
melestrikan lingkungan antara lain : reboisasi, suaka marga satwa, cagar alam,
terasering, dan sebagainya.
· Agar proses penyuburan
alam berjalan dengan baik, maka semua manusia harus sadar terhadap lingkungan
sekitar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar