Senin, 13 Maret 2017

KISI-KISI IPA KELAS 3 SD SEMESTER 2



ILMU PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian II
Penerapan Konsep Energi Gerak

Kompetensi Dasar  :    1.  Membuat kincir angin untuk menunjukan energi angin dapat berubah menjadi energi gerak.
                                      2.  Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.       
Indikator                  :    1.  Menentukan rancangan yang akan dibuat modelnya, misalnya kincir angin.
                                      2.  Menentukan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan mudah digunakan.
                                      3.  Memberikan alasan atas penilaian alat/ bahan.
                                      4.  Menggunakan alat/ bahan secara tepat.
                                      5.  Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan.
                                      6.  Memodifikasi model-model.
                                      7.  Memberi saran cara memperbaiki model.
                                      8.  Mengaitkan antara model yang di buat dengan gerak yang diharapkan.
Kelas /Semester        :    III (tiga) / 2 (dua)
Ringkasan Materi     :   
·     Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kegiatan.
·     Tubuh memperoleh energi dari makanan yang kita makan.
·     Tanpa energi, tubuh kita akan terasa lelah dan lemas.
·     Energi yang digunakan manusia bermacam-macam bentuknya.
·     Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.
·     Energi mempunyai bermacam-macam bentuk.
       Energi panas,  energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, energi kinetik
·     Air terjun dan angin juga merupakan sumber energi.
·     Tujuan penggunaan sumber energi adalah untuk menghasilkan cahaya, pemanas atau pendingin, dan menggerakkan suatu benda.
·     Sumber energi sangat penting untuk dikelola dan dihemat penggunaanya.
·     Sumber energi ada yang dapat diperbarui, ada pula yang tidak dapat diperbarui.
·     Pada alam terdapat berbagai macam sumber enrgi, antara lain : makanan, minyak bumi, gas alam, baterai, listrik, matahari, air dan angin.
·     Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.
·     Sumber enrgi utama dan terbesar di bumi adalah matahari.
·     Keberadaan energi tidak dapat  dilihat, tetapi dapat dirasakan.
·     Energi dapat berubah ke satu bentuk ke bentuk yang lainnya.
·     Sumber energi yang paling banyak digunakan manusia adalah minyak bumi dan listrik.
·     Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk-bentuk energi lain secara cepat dan mudah.
·     Energi matahari dipancarkan ke bumi sebagai gelombang elektromagnet. Sebagian gelombang elektromagnet menjadi gelombang cahaya  yang menerangi bumi, dan sebagian menyebabkan panas di bumi.
·     Energi dari matahari sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia, yaitu :
       a.  Membantu fotosintesis pada tumbuhan
       b.  Energi matahari digunakan manusia dan hewan secara langsung atau tidak langsung.
       c.  Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh.
·     Usaha-usaha yang perlu kita lakukan untuk menghemat energi, yaitu :
       1.  Menggunakan alat listrik yang hemat energi.
       2.  Mematikan alat-alat listrik yang tidak digunakan.
       3.  Kamar kosong tidak perlu diberi penerangan.
       4.  Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar.
       5.  Mematikan kran air apabila selesai digunakan.
       6.  Menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian.
       7.  Menggunakan kompor yang hemat energi.
·     Sumber-sumber energi yang terdapat disekitar kita yaitu energi matahari, energi angin, energi air terjun, energi minyak bumi dan gas, energi batu bara, energi makanan, energi listrik, dan energi dari batu baterai atau aki.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian III
Penampakan Permukaan Bumi dan Pengaruhnya

Kompetensi Dasar      :    1.  Mendiskripsikan kenampakan bumi dilingkungan sekitar.
                                        2.  Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan surya.         
                                        3.  Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
                                        4.  Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam dilingkungan sekitar.
Indikator                     :    1.  Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan sebagian air).
                                         2.  Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya : berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
                                        3.  Meramalkan keadaan cuaca yang terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya : awan tebal mungkin akan hujan.
                                        4.  Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
                                        5.  Memberi contoh perilaku yang menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
                                        6.  Menjelaskan dampak perilaku yang merusak lingkungan, misalnya : menebang dan membakar hutan.
Kelas /Semester          :    III (tiga) / 2 (dua)
Ringkasan Materi       :
·     Permukaan bumi yang tidak rata terdiri atas daratan dan lautan.
·     Daratan terdiri atas pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai, sungai, dan tepi pantai.
·     Laut adalah kumpulan air asin yang memisahkan daratan yang satu dengan daratan yang lain.
·     Tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief  bumi.
·     Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dikelompokkan menjadi pegunungan rendah, pegunungan menengah, dan pegunungan tinggi.
·     Berdasarkan asal airnya, sungai dikelompokkan menjadi sungai hujan, sungai gletser, dan sungai campuran.
·     Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat bentuk permukaan bumi secara utuh.
·     Bumi berputar pada porosnya. Bumi juga berputar mengelilingi matahari.
·     Bumi berbentuk bulat seperti bola, tetapi agak pepat pada kedua kutubnya, dan mengembung pada bagian khatulistiwa.
·     Beberapa peristiwa yang menunjukkan bahwa bentuk bumi bulat, antara lain :
       a.  Matahari yang baru terbenam, bagian-bagian yang tinggi masih kelihatan.
       b.  Kenampakan kapal jika menuju pantai, pertama-tama yang kelihatan asanya, kemudian cerobongnya, dan baru kapalnya.
·     Tiruan bola bumi disebut globe. Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat gambaran permukaan bumi secara utuh dan memeragakan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi di bumi.
·     Setiap daratan mempunyai ciri-ciri fisik yang dimiliki setiap daratan mengakibatkan perbedaan jenis tumbuhan yang mampu hidup di daratan.
·     Bentuk bumi adalah bulat pepat.
·     Macam-macam kondisi cuaca, antara lain : cerah, berawan, dingin, berangin, dan hujan.
·     Perbedaan kondisi cuaca menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia.
·     Kondisi cuaca dipengaruhi oleh : suhu udara, letak suatu daerah, tekanan udara, curah hujan , kelembaban udara  dan angin
·     Usaha manusia melestarikan alam yaitu dengan cara : tidak merusak hutan, tanah dan air, Membuat bendungan (waduk), Tidak mencemari lingkungan sekitar, Tidak mencemari laut, Menanam kembali hutan yang telah di tebang.
·     Lembah adalah daratan yang rendah disepanjang sungai.
·     Bentuk bumi dilihat dari luar angkasa bulat seperti bola dan berkerut-kerut.
·     Warna bumi dilihat dari luar angkasa adalah berkerut-kerut.
·     Bumi berwarna biru adalah warna laut yang merupakan sebagian besar permukaan bumi.
·     Alat penunjuk arah adalah kompas.
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Ulangan Harian IV
Memelihara dan Melestarikan


Kompetensi Dasar           :    Mendiskripsikan keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi, dan masyarakat

Indikator                          :    1.  Memberi contoh perilaku yang menunjukan kepedulian melestarikan alam.
                                             2.  Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan.
                                             3.  Bersikap selalu memelihara dan melestarikan alam sehari-hari.

Kelas /Semester               :    III (tiga) / 2 (dua)

Ringkasan Materi            :

·     Alam merupakan tempat makhluk hidup.
·     Alam harus kita jaga pelestariannya, agar kita tetap hidup.
·     Sumber daya alam harus kita jaga dan lestarikan.
·     Ada dua macam perbuatan manusia terhadap alam :
       1.  Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan kerusakan sumber daya alam, antara lain :
            -    Perladangan berpindah.
            -    Penebangan hutan secara liar.
            -    Penangkapan ikan dengan bahan peledak.
            -    Pemburuan hewan.
            -    Pembukaan hutan-hutan.
            -    Penggunaan pupuk berlebihan.
            -    Penggunaan pestisida berlebihan.
            -    penebangan liar.
            -    Kegiatan industry yang tidak memperhatikan lingkungan.
       2.  Perbuatan manusia yang dapat menunjukan kepedulian lingkungan yaitu :
            -    Menanami lahan yang kosong dengan pepohonan.
            -    Menghindari terjadinya kebakaran hutan.
            -    Membuang sampah pada tempatnya.
            -    Membuat penyaringan pada cerobong asap pabrik.
            -    Pembuangan limbah industri, debu, dan bau busuk harus diperhatikan.
            -    Tidak terlalu berlebihan menggunakan pupuk kimia dan pestisida.
            -    Menanamkan sikap disiplin untuk memelihara lingkungan hidup sehat di rumah, sekolah, dan dalam pergaulan masyarakat.
            -    tidak menebang pepohonan di daerah aliran sungai, hulu sungai, atau daerah pegunungan.
            -    Tidak membuang cairan kimia dan bahan pencemar lainnya kedalam sungai atau selokan.
·     Dampak perilaku manusia dapat mengakibatkan kerusakan, misalnya : banjir, angin rebut, putting beliung, tanah longsor/ erosi, polusi udara, polusi air, tanah tandus,dan sebagainya.
·     Usaha-usaha untuk melestrikan lingkungan antara lain : reboisasi, suaka marga satwa, cagar alam, terasering, dan sebagainya.
·     Agar proses penyuburan alam berjalan dengan baik, maka semua manusia harus sadar terhadap lingkungan sekitar.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar