Jumat, 25 November 2016

kisi2 soal ipa kelas 3 smt 2



ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kompetensi Dasar       :     1.   Menyimpulkan hasil gerak benda dipengaruhi oleh benda dan ukuran.
                                               2.   Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
                                               3.   Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya.
Indikator                         :     1.   Mengidentifikasi berbagai gerak benda melalui percobaan.
                                               2.   Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk dan kekerasan permukaan benda.
                                               3.   Membuat daftar dalam kehidupan sehari-hari, misalnya: roda berputar, air mengalir.
                                               4.   Menerapkan berbagai gerak benda dalam berbagai keperluan.
                                               5.   Menunjukkan adanya pengaruh energi berdasarkan pengamatan, misalnya: panas dari sinar matahari, kincir angin ditiup angin, petikan gitar menimbulkan bunyi.
                                               6.   Membuat daftar sumber energi, misalnya: makanan, minyak tanah, baterai listrik, angin dan kayu bakar.
Kelas /Semester           :     III (Tiga) / 2 (Dua)
Ringkasan Materi       :
ü  Gerak benda contohnya : menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar dan meluncur.
ü  Gerak benda dipengaruhi oleh berat, ringan, bentuk dan permukaan benda.
ü  Gerak benda digunakan pada kincir air, kincir angin dan roda kendaraan.
ü  Benda bergerak dengan bermacam-macam cara.
ü  Benda yang bentuknya bulat, bundar, atau tabung bergerak dengan cara menggelinding.
ü  Gerakan mengalir yang terjadi pada benda-benda cair.
ü  Benda cair mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
ü  Benda yang memantul akan bergerak kembali ke tempat semula membentur atau mengenai suatu bidang.
ü  Benda berputar pada porosnya. Benda yang berputar, contohnya: baling-baling dan kincir.
ü  Gerakan benda juga dipengaruhi oleh permukaan dari benda dan permukaan dari tempat yang bergerak.
ü  Kita memerlukan makanan agar kita dapat melakukan pekerjaan/kegiatan. Di dalam makanan terkandung suatu energi.
ü  Energi adalah suatu yang memungkinkan terjadinya kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan, contohnya: lari, menulis, membaca, berjalan dan lain-lain.

ULANGAN HARIAN I
I.       Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling tepat

1.      Kipas angin listrik bergerak dengan cara ….
         a.   malayang                       c.   tenggelam
         b.   terapung                         d.   terbang
2.      Berikut adalah contoh benda yang dapat bergerak cepat, kecuali …
         a.   mobil                               c.   air
         b.   pesawat terbang           d.   jarum jam
3.      Daun yang jatuh ke sungai akan ….
         a.   melayang                       c.   tenggelam
         b.   terapung                         d.   terbang
4.      Benda yang bergerak dengan mengalir adalah ….
         a.   bola                                 c.   air
         b.   roda                                 d.   baling-baling
5.                                            Gambar di samping menunjukkan bahwa benda cair bergerak ….
   a.   berputar
   b.   mengalir
   c.            memantul
   d.   menggelinding
6.      Diantara olahraga yang menggunakan bola, yang paling banyak memanfaatkan keguanan dari gerak memantul adalah ….
         a.   golf                                 
         b.   bola basket
         c.   bola gelinding (boling)
         d.   pola air
7.      Berikut adalah factor-faktor yang mempengaruhi gerakan benda, kecuali ….
         a.   ukuran benda                c.   warna benda
         b.   bentuk benda                d.   permukaan benda
8.      Benda berikut yang akan menggelinding jika digerakkan di tempat yang datar adalah ….      






9.      Perhatikan gambar berikut ini!
                                                Benda-benda tersebut terbuat dari kayu yang beratnya sama. Jika benda A dan benda B diluncurkan pada bidang miring secara bersamaan, benda B meluncur lebih cepat karena ….
         a.   lebih ringan dari benda
         b.   lebih panjang dari benda A
         c.   sama-sama terbuat dari kayu
         d.   bentuknya lebih ramping dari A
10.    Contoh benda yang dapat tenggelam di dalam air adalah ….
         a.   sendok dan garpu       
         b.   gabus dan kertas
         c.   plastik dan kayu
         d.   spidol dan pensil





II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1.      Benda yang berbentuk kotak lebih sukar menggelinding daripada benda yang berbentuk ….
2.                                                             Gerakan bola seperti pada gambar di samping dinamakan gerak ….

3.      Jika makin besar tenaga yang mengenai suatu benda, maka gerak benda akan makin ….
4.      Jika makin deras aliran air, maka kincir air akan bergerak makin ….
5.      Gerakan benda yang berputar sambil berpindah disebut ….
6.      Olahraga yang menantang dan dilakukan di atas aliran sungai yang deras adalah ….
7       Gerak benda berguling-guling seperti roda berputar disebut gerak ....
8.      Ketika memindahkan lemari, Pandu member alas keset pada lemari. Hal ini dilakukan Pandu untuk mengurangi ………… antara lemari dan lantai
9.      Energi sangat besar yang berasal dari aliran air yang sangat deras dapat dimanfaatkan untuk ….
10.    Jika makin kasar permukaan suatu benda, maka gerak banda akan makin ….

III.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.      Mengapa bagian muka pesawat terbang berbentuk lancip?  
         Jawab : …………………………………………………………………………
2.      Tulislah tiga faktor yang mempengaruhi gerak benda!   
         Jawab : …………………………………………………………………………
3.      Mengapa untuk mengasah pisau diperlukan batu pengasah yang licin?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
4.      Mengapa rantai roda perlu diberi minyak pelumas?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
5.                                             Berdasarkan pada prinsip gerak apakah olahraga di samping?   
                                                Jawab : …………………………………………………………………………






























ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kompetensi Dasar       :     1.   Membuat kincir angin untuk menunjukkan energi angin dapat berubah menjadi energi gerak.
                                               2.   Menerapkan cara menghemat energi dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator                         :     1.   Menentukan rancangan  yang akan dibuat modelnya, misalnya kincir angin.
                                               2.   Menentukan alat dan bahan yang mudah diperoleh dan mudah digunakan.
                                               3.   Memberikan alasan atas penilaian alat/bahan.
                                               4.   Menggunakan alat/bahan secara tepat.
                                               5.   Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan.
                                               6.   Memodifikasi model-model.
                                               7.   Memberi saran cara memperbaiki model.
                                               8.   Mengaitkan antara model yang dibuat dengan gerak yang diharapkan
Kelas /Semester           :     III (Tiga) / 2 (Dua)

Penerapan Konsep Energi Gerak
Ringkasan Materi       :
ü Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kegiatan.
ü Tubuh memperoleh energi dari makanan yang kita makan.
ü Tanpa energi, tubuh kita akan terasa lelah dan lemas.
ü Energi yang digunakan manusia bermacam-macam bentuknya.
ü Energi panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.
ü Energi mempunyai bermacam-macam bentuk.
ü Energi panas, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, energi kinetik.
Air terjun dan angin juga merupakan sumber energi.
ü Tujuan penggunaan sumber energi adalah untuk menghasilkan cahaya, pemanas atau pendingin, dan menggerakan suatu benda.
ü Sumber energi sangat penting untuk dikelola dan dihemat penggunaannya.
ü Sumber energi ada yang dapat diperbaharui, ada pula yang tidak dapat diperbaharui.
ü Pada alam terdapat berbagai macam sumber energi, antara lain: makanan, minyak bumi, gas alam, baterai, listrik, matahari, air dan angin.
ü Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.
ü Sumber energi utama dan terbesar di bumi adalah matahari.
ü Keberadaan energi tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
ü Energi dapat berubah ke satu bentuk ke bentuk yang lainnya.
ü Sumber energi yang paling banyak digunakan manusia adalah minyak bumi dan listrik.
ü Energi listrik dapat diubah menjadi bentuk-bentuk  energi lain secara cepat dan mudah.
ü Energi matahari dipancarkan ke bumi sebagai gelombang electromagnet. Sebagian gelombang electromagnet menjadi gelombang cahaya yang menerangi bumi, dan sebagian menyebabkan panas di bumi.
ü Energi dari matahari sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia, yaitu:
      a.   Membantu fotosintesis pada tumbuhan
      b.   Energi matahari digunakan manusia dan hewan secara langsung atau tidka langsung.
      c.   Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D dalam tubuh.
ü Usaha-usaha yang perlu kita lakukan untuk menghemat energi, yaitu :
      1.   Menggunakna alat listrik yang hemat energi.
      2.   Mematikan alat-alat listrik yang tidak digunakan.
      3.   Kamar kosong tidak perlu diberi penerangan.
      4.   Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar.
      5.   Mematikan kran air apabila selesai digunakan.
      6.   Menggunakan air secukupnya saat mencuci pakaian.
      7.   Menggunakan kompor yang hemat energi.
ü Sumber-sumber energi yang terdapat di sekitar kita yaitu energi matahari, energi angin, energi air terjun, energi minyak bumi dan gas, energi batu bara, energi makanan, energi listrik, dan energi dari batu baterai atau aki.

ULANGAN HARIAN II
I.       Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling tepat

1.      Energi listrik dimanfaatkan untuk alat-alat di bawah ini, kecuali ….
         a.   televisi                      c.   lampu petromak
         b.   computer                  d.   lampu neon
2.      Berikut ini ang termasuk sumber energi yang dapat diperbaharui adalah ….
         a.   bensin                      c.   solar
         b.   batu bara                 d.   aki
3.      Baju yang basah setelah dijemur pada siang hari, cepat menjadi kering akibat pengaruh energi …
         a.   angin                        c.   bunyi
         b.   matahari                   d.   udara
4.      Sumber energi alam yang dapat langsung kita manfaatkan adalah ….
         a.   minyak bumi            c.   matahari
         b.   makanan                  d.   batu bara

5.      Sumber energi utama di bumi adalah ….
         a.   matahari                   c.   angin
         b.   air                              d.   api
6.      Bahan bakar minyak atau batu bara menyimpan energi ….
         a.   potensi                     c.   panas
         b.   kimia                         d.   kinetic
7.      Generator yang digerakkan kincir air dapat menghasilkan energi ….
         a.   listrik                         c.   cahaya
         b.   gerak                        d.   panas
8.                                               Energi yang dimiliki oleh benda pada gambar di samping adalah energi ….
         a.   bunyi
         b.   panas
         c.   listrik
         d.   kinetik
9.                                            Alat seperti gambar di samping bergerak karena mendapat energi dari ….
a.   udara               
b.   batu 
c.      aliran air
d.   sinar matahari
10.    Energi yang tersimpan dalam air terjun adalah energi ….
         a.   kimia                         c.   atom
         b.   listrik                         d.   potensial      









II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1.      Kompor sumbu dapat menyala karena memperoleh energi dari ….
2.                                             Kegiatan di samping banyak menggunakan energi ….



3.      Pada malam hari suasana gelap. Agar suasana menjadi terang, kita memerlukan energi ….
4.      Generator yang digerakkan oleh kincir air akan menghasilkan ….
5.      Sumber energi yang paling banyak digunakan manusia adalah ….
6.      Energi penggerak pada kapal layar berasal dari ….
7.      Jika tubuh kita terasa lelah, maka hal tersebut menandakan bahwa tubuh kita kekurangan ….
8.                                             Anak-anak asyik bermain banyak menggunakan energi ….



9.                                            Perhatikan gambar di samping!
Gambar di samping menggunakan bahan bakar yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi ….
10.    Untuk menghidupkan TV, kita memerlukan energi ….
        
III.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.      Wati membantu ibu di dapur. Sebutkan energi yang dibutuhkan!   
         Jawab : …………………………………………………………………………
2.      Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Apa maksudnya?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
3.      Apa akibatnya jika kita menggunakan sumber energi secara berlebihan?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
4.      Apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan energi?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
5.      Apa yang terjadi jika bumi tidak dapat mendapatkan energi dari matahar?   
         Jawab : …………………………………………………………………………








ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kompetensi Dasar    :     1.   Mendiskripsikan kenampakan bumi di lingkunga sekitar.
                                            2.   Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan surya.
                                            3.   Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia.
                                            4.   Mengidentifikasi cara manusia dalam memelihara dan melestarikan alam  di lingkungan sekitar.
Indikator                      :     1.   Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (dataran dan  air).               
                                            2.   Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya : berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
                                            3.   Meramalkan keadaan cuaca yang terjadi berdasarkan keadaan langit, misalnya: awan tebal mungkin akan hujan.
                                            4.   Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai dengan keadaan cuaca tertentu.
                                            5.   Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
                                            6.   Menjelaskan dampak perilaku yang merusak lingkungan, misalnya: menebang dan membakar hutan.
Kelas /Semester        :     III (Tiga) / 2 (Dua)
Penampakan Permukaan Bumi dan Pengaruhnya
Ringkasan Materi   :
ü  Permukaan bumi yang tidak rata terdiri atas daratan dan lautan.
ü  Daratan terdiri atas pegunungan, lereng, gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai dan tepi pantai.
ü  Laut adalah kumpulan air asin yang memisahkan daratan yang satu dengan daratan yang lain.
ü  Tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief bumi.
ü  Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan dikelompokkan menjadi pegunungan rendah, pegunungan menengah dan pegunungan tinggi.
ü  Berdasarkan asal airnya, sungai dikelompokkan menjadi sungai hujan, sungai gletser dan sungai campuran.
ü  Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat bentuk permukaan bumi secara utuh.
ü  Bumi berputar pada porosnya. Bumi juga berputar mengelilingi matahari.
ü  Bumi berbentuk bulat seperti bola, tetapi agak pepat pada kedua kutubnya dan mengembung pada bagian khatulistiwa.
ü  Beberapa peristiwa yang menunjukkan  bahwa bentuk bumi bulat, antara lain :
         a.   Matahari yang beru terbenam, bagian-bagian yang tinggi masih kelihatan.
         b.   Kenampakan kapal jika menuju pantai, pertama-tama yang kelihatan asapnya, kemudian cerobongnya dan baru kapalnya.
ü  Tiruan bola bumi disebut globe. Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat gambaran permukaan bumi secara utuh dan memeragakan peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.
ü  Setiap daratan mempunyai ciri-ciri fisik yang dimiliki setiap daratan mengakibatkan perbedaan jenis tumbuhan yang mampu hidup di daratan.
ü  Bentuk bumi adalan bulat pepat.
ü  Macam-macam kondisi cuaca, antara lain: cerah, berawan, dingin berangin dan hujan.
ü  Perbedaan kondisi cuaca menyebabkan perbedaan tata cara dan kegiatan manusia.
ü  Kondisi cuaca dipengaruhi oleh: suhu udara, letak suatu daerah, tekanan darat, curah hujan, kelembaban udara dan angin.
ü  Usaha manusia melestarikan alam yaitu dengan cara: tidak merusak hutan, tanah dan air, membuat bendungan (waduk), tidak mencemari lingkungan sekitar, tidak mencemari laut, menanam kembali hutan yang telah ditebang.
ü  Lembah adalah daratan yang rendah di sepanjang sungai.
ü  Bentuk bumi dilihat dari luar angkasa bulat seperti bola dan berkerut-kerut.
ü  Warna bumi dilihat dari luar angkasa adalah berkerut-kerut.
ü  Bumi berwarna biru adalah warna laut yang merupakan sebagian besar permukaan bumi.
ü  Alat penunjuk arah adalah Kompas.
ULANGAN HARIAN III
I.       Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling tepat

1.      Terjadinya angin dari suatu tempat ke tempat lain disebabkan oleh adanya perbedaan ….
         a.   kelembaban udara
         b.   tekanan udara
         c.   tempat yang luas
         d.   pemandangan alam
2.      Penduduk yang hidup di daerah pesisir umumnya mengenakan pakaian yang ….
         a.   tebal                          c.   merah
         b.   tipis                           d.   hitam
3.      Tempat yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah ….
         a.   dataran                     c.   gunung
         b.   pantai                       d.   bukit
4.      Amir hendak menjemur pakaian. Tiba-tiba ia ingat perkiraan cuaca yang dilihatnya kemarin malam di televise. Ia melihat ke langit dan akhirnya mengurungkan niatnya untuk menjemur pakaian. Simbol yang dilihat Amir pada perkiraan cuaca adalah ….
          







5.                                                     Bila diamati peristiwa di samping ini adalah …..
                                                  a.   pagi yang cerah
                                                  b.   malam hari
                                                  c.   siang berawan
                                                  d.   sore hari
6.      Pegunungan tinggi adalah pegunungan yang mempunyai ketinggian sekitar ….
         a.   kurang dari 200 m
         b.   200 – 500 m
         c.   500 – 1.500 m
         d.   lebih dari 1.500 m
7.      Rumah di daerah pegunungan umumnya beratap ….
         a.   genting                           c.   asbes
         b.   seng                                d.   daun tebu
8.      Bila kita berada di daerah bercuaca dingin, maka sebaiknya kita menggunakan pakaian yang ….
         a.   tebal                                c.   berwarna gelap
         b.   tipis                                  d.   berwarna putih

9.                                               Perhatikan gambar di samping! Gambar di samping menunjukkan ….


         a.   matahari yang cerah, awan yang mendung, hujan lebat
         b.   matahari yang cerah, awan yang mendung, hujan
         c.   langit yang cerah, langit yang mendung, hujan lebat
         d.   langit mendung, awan gelap , hujan lebat
10.    Bila dibandingkan dengan daerah pegunungan, maka suhu dataran rendah lebih ….
         a.   sejuk                               c.   dingin
         b.   panas                              d.   teduh
          
        




II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1.      Bola bumi tiruan buatan manusia disebut ….
2.      Pada siang hari yang cerah, kamu dapat merasakan matahari bersinar terik. Pada malam yang cerah kamu dapat melihat    ….          di langit.
3.      Udara pegunungan lebih terasa    dari pada udara di daerah pantai
4.      Pohon nyiur adalah pohon yang tumbuh di daerah ….
5.      Salah satu contoh perilaku manusia yang dapat merusak lingkungan adalah ….
6.      Untuk menghindari erosi pada sawah-sawah di daerah pegunungan, maka dibuat  ,..   untuk menahan air
7.      Awan dapat berpindah tempat karena pengaruh ….
8.      Musim kemarau biasanya tejadi antara bulan ….
9.      Danau buatan manusia adalah ….
10..   Indonesia adalah Negara yang beriklim ….
        
III.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.      Mengapa rumah-rumah di pantai beratap tinggi?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
2.      Sebutkan tumbuhan yang cocok ditanam di pantai!   
         Jawab : …………………………………………………………………………
3.      Bagaimana sebaiknya kita berpakaian saat berada di tempat yang gersang dan panas pada siang hari?   
         Jawab : …………………………………………………………………………
4.                                                             Amati gambar di samping!
                                                                Jelaskan peristiwa yang terjadi!   
                                                                Jawab : …………………………………………………………………………

5.      Sebutkan 3 perbedaan ketinggian di pegunungan!   
         Jawab : …………………………………………………………………………












ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kompetensi Dasar       :     Mendiskripsikan keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Indikator                         :     1.   Memberi contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian melestarikan alam.
                                               2.   Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap lingkungan.
                                               3.   Bersikap selalu memelihara dan melestarikan alam sehari-hari.
Kelas /Semester           :     III (Tiga) / 2 (Dua)

Memelihara dan Melestarikan
Ringkasan Materi              :
ü Alam merupakan tempat makhluk hidup.
ü Alam harus kita jaga pelestariannya, agar kita tetap hidup.
ü Sumber daya alam harus kita jaga dan lestarikan.
ü Ada dua macam peruatan manusia terhadap alam:
1.   Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan kerusakan sumber daya alam, antara lain:
·       Perladangan berpindah
·       Penebangan hutan secara liar
·       Penangkapan ikan dengan bahan peledak
·       Pemburuan hewan
·       Pembukaan hutan-hutan
·       Penggunan pupuk berlebihan
·       Penggunaan pestisida berlebihan
·       Penebangan liar
·       Kegiatan industry yang tidak memperhatikan lingkungan
2.   Perbuatan manusia yang dapat menunjukkan kepedulian lingkungan yaitu:
·       Menanami  lahan yang kosong dengan pepohonan
·       Menghindari terjadinya kebakaran hutan
·       Membuang sampah pada tempatnya
·       Membuat penyaringan pada cerobong asap pabrik.
·       Tidak terlalu berlebihan menggunakan pupuk kimia dan pestisida.
·       Menanamkan sikap disiplin untuk memelihara lingkungan hidup sehat di rumah sekolah dan pergaulan masyarakat.
·       Tidak menebang pepohona di daeah aliran sungai, hulu sungai atau daerah pegunungan.
·       Tidak membuang cairan kimia dan bahan pencemar lainnya ke dalam sungai atau selokan.
ü Dampak perilaku manusia dapat mengakibatkan kerusakan, misalnya: banjir, angin rebut, putting beliung, tanah longsor/erosi, polusi udara, polusi air, tanah tandus dan sebagainya.
ü Usaha-usaha untuk melestarikan lingkungan antara lain: reboisasi, suaka marga satwa, cagar alam, terasering dan sebagainya.
ü Agar proses penyuburan alam berjalan dengan baik, maka semua manusia harus sadar terhadap lingkungan sekitar.

ULANGAN HARIAN IV
I.       Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling tepat

1.      Perilaku manusia berikut yang menyebabkan kawasan tanah menjadi gundul adalah ….
         a.   pencemaran tanah
         b.   ekstensifikasi pertanian
         c.   tebang habis
         d.   tebang berencana
2.      bahan utama untuk membuat kincir angin adalah ….
         a.   kain                           c.   kapas
         b.   karton                       d.   balok kayu
3.      Baling-baling kincir air dapat dibuat dari bahan ….
         a.   plastic keras            c.   kertas
         b.   kain                           d.   karton
4.      Sumber daya alam dapat menghasilkan bahan gambar ….






5.      Jenis tumbuhan untuk menghasilkan minuman yang sehat adalah ….
         a.   teh dan jagung
         b.   ubi dan jagung
         c.   cokelat dan kopi
         d.   kopi dan padi
6.                                            Energi yang dimiliki oleh benda pada gambar di samping dihasilkan oleh ….
          a.   roda-rodanya
          b.   bahan pembuatanya
          c.             baterai di dalamnya
          d.   temaga di dalamnya
7.      Keletarian sumber daya alam terutama tergantung pada ….
         a.   tanah                        c.   hewan
         b.   manusia                   d.   tumbuhan
8.      Sumber daya alam yang dapat habis persediaanya di muka bumi adalah ….
         a.   minyak bumi            c.   angin
         b.   air                              d.   sinar matahari
9.      Sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan yang tertimbun tanah selama jutaan tahun adalah ….
         a.   minyak bumi            c.   besi
         b.   batu bara                 d.   aluminium
10.    Padi, jagung dan kcang-kacangan diperoleh dengan cara ….
         a.   bertani                            c.   menambang
         b.   berternak                        d.   mencari di hutan




II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1.      Bencana alam akan terjadi jika manusia            alam
2.      Bila tanah kena erosi, maka       akan berkurang
3.      Usaha pemerintah untuk melindungi hewan tertentu agar tidak punah disebut ….
4.      Memilihara dan melestarikan alam merupakan kewajiban ….
5.      Penangkapan ikan dengan bahan peledak dilarang sebab ….
6.      Mencuci di sungai dapat mengakibatkan timbulnya ….
7.      Sampah dari tumbuh-tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai ….
8.      Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan ….
9.      Sumber data alam yang utama agar layang-layang dapat terbang dengan baik adalah ….
10.                                           Amati gambar di samping!
                                                Bila kita hidup di daerah ini, maka terjadilah pencemaran .,…



III.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.      Apa kegunaan dari batang pohon jati?
         Jawab : …………………………………………………………………………
2.      Apa yang dimaksud dengan peladangan berpindah?  
         Jawab : …………………………………………………………………………
3.      Sebutkan 2 akibat yang terjadi dari hutan gundul!  
         Jawab : …………………………………………………………………………
4.      Sebutkan 2 akibat dari sampah yang berserakan!   
         Jawab : …………………………………………………………………………
5.      Apa yang kau lakukan terhadap sampah?   
         Jawab : …………………………………………………………………………





























ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS III ULANGAN AKHIR SEMESTER II

I.       Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b atau c di depan jawaban yang paling tepat

1.      Ketika bola menggelinding, bola tersebut bergerak secara ….
         a.   memantul                       c.   berputar
         b.   meluncur                        d.   mengalir
2.      Permukaan bumi terdiri dari ….
         a.   dataran dan sebaran air
         b.   dataran dan pegunungan
         c.   sungai dan danau
         d.   dataran dan sungai
3.      Diantara bahan makanan di bawah ini, jika direbus akan mengeras yaitu ….
         a.   ketimun                           c.   semangka
         b.   labu siam                       d.   telur
4.      Bola berpindah tempat dengan cara menggelinding. Air berpindah tempat dengan cara ….
         a.   mengalir                         c.   menggelinding
         b.   meluncur                        d.   terbang
5.      Cuaca yang ditandai dengan matahari bersinar terang tanpa ditutupi awan disebut ….
         a.   berawan                         c.   hujan
         b.   cerah                               d.   dingin
6.      Aliran air di sungai dapat dimanfaatkan untuk ….
         a.   mencuci piring
         b.   mencuci pakaian
         c.   melajukan perahu
         d.   menahan balok
7.      Berikut ini yang termasuk tumbuhan berbunga adalah ….
         a.   mawar, melati, supir
         b.   anggrek, mawar, paku tanduk rusa
         c.   mawar, melati, pohon buah-buahan
         d.   melati, anggrek, tumbuhan paku.
8.      Manakah pernyataan yang menunjukkan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh berat ringat benda?
         a.   bola yang dilapisi plastik lebih cepat meluncur
         b.   mendorong mobil lebih sulit dari pada mendorong motor
         c.   bola lebih cepat bergerak di atas papan miring dibandingkan balok
         d.   a, b, dan c benar
9.      Awan yang berbentuk serabut-serabut halus berwarna putih dan letaknya paling tinggi disebut awan ….
         a.   cumulus                          c.   stratus
         b.   sirus                                d.   kabut
10.    Contoh akibat yang ditimbulkan karena penggunaan energi, yaitu ….
         a.   setelah makan banyak perut terasa kenyang
         b.   terasa dingin bila mandi di malam hari
         c.   setelah makan kita menjadi lebih bertenaga
         d.   ketika haus kita memerlukan minuman
11.    Sumber energi terbesar bagi kehidupan di bumi adalah ….
         a.   matahari                         c.   angin
         b.   makanan                        d.   minyak bumi
12.    Tempat yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah ….
         a.   dataran                           c.   pantai
         b.   lembah                           d.   gunung

13.    Pernyataan yang salah adalah ….
         a.   warna dan jumlah awan di langit tidak berpengaruh terhadap perubahan cuaca
         b.   jika ada sedikit awan di langit akan terjadi hujan
         c.   Warna awan yang putih menunjukkan cuaca cerah
         d.   perubahan cuaca terjadi di lapisan atmosfer
14.                                         Sumber energi yang digunakan pada gambar di samping adalah ….
                                               a.   matahari
                                               b.   angin
                                               c.   minyak bumi
                                               d.   orang banyak
15.    Bagian sungai yang dekat dengan laut disebut ….
         a.   pantai                              c.   hulu
         b.   muara                             d.   danau
16.    Benda yang akan memantul jika dilepaskan ke lantai adalah ….
         a.   bola dari plastisin
         b.   bola dari tanah liat
         c.   semua benda yang lunak
         d.   bola yang terbuat dari karet
17.                                                   Gambar di samping pada peta datar disajikan dalam warna ….
                                                        a.   hijau
                                                         b.   kuning
                                                        c.   hitam
                                                        d.   merah
18.    Kondisi cuaca di daerah pegunungan lebih dingin daripada di daerah pantai. Hal ini berhubungan dengan adanya perbedaan ….
         a.   suhu udara
         b.   kelembaban
         c.   tekanan udara
         d.   curah hujan
19.    Berikut adalah tanda-tanda hujan akan turun,, kecuali
         a.   angin bertiup kencang
         b.   cuaca cerah
         c.   suhu dingin
         d.   awan tebal
20.    Untuk menggerakkan benda yang berat diperlukan….
         a.   tenaga yang besar
         b.   alat yang berat
         c.   alat yang panjang
         d.   orang banyak
21.                                                Simbol di samping menunjukkan cuaca ….
          a.   cerah
          b.   berawan sebagian
          c.       berawan
          d.   hujan
22.    Daun suji menjadikan makanan berwarna ….
         a.   merah                       c.   hijau
         b.   kuning                      d.   biru

23.                                             Perhatikan gambar di samping!
               Simbol di samping digunakan untuk menggambarkan cuaca ….
         a.   cerah dan matahari bersinar
         b.   terjadi hujan
         c.   berawan
         d.   sinar matahari tidak tampak
24.    Dua helai kain yang sama dijatuhkan dari ketinggian yang sama. Kini yang satu basah, sedangkan kain yang lainnya kering, kain yang basah lebih cepat sampai di lantai. Kalimat ini….
         a.   benar, kerana benda yang berat lebih cepat jatuh dibandingkan benda ringan   
         b.   salah, seharusnya kedua kain jatuh bersama-sama mencapai lantai
         c.   benar, karena benda kering banyak mengandung air
         d.   salah, karena berat dan ringan tidak mempengaruhi gerakan benda.
25.                                          Alat seperti gambar di samping memperoleh energi dari ….
                                                a.   angin
                                                b.   gerak
                                                c.      listrik
                                                d.   bensin
26.    laut yang luas disebut juga ….
         a.   selat                                c.   samudra
         b.   teluk                                d.   tanjung
27.                                          Simbol cuaca di samping menunjukkan cuaca ….
                                                a.   hujan
                                                b.   kemarau
                                                c.   berawan
                                                d.   lembab
28.    Gerakan benda dipengaruhi oleh hal-hal di bawah ini, kecuali ….
         a.   ukuran benda
         b.   bentuk benda
         c.   warna benda
         d.   permukaan benda




29.    Contoh sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kenyamanan manusia adalah ….
         a.   hutan lebat
         b.   tanah subur
         c.   pemandangan alam
         d.   tumbuhan dan hewan
30.    Asap kendaraan bermotor mengandung gas berbahaya, yaitu ….
         a.   karbondioksida
         b.   oksigen
         c.   karbonmonoksida
         d.   asam sulfat
31.    Jika makin deras aliran air, maka gerakan kincir air akan
         a.   makin cepat
         b.   makin lambat
         c.   tetap
         d.   makin cepat lalu makin lambat
32.    Cuaca berhubungan dengan kondisi udara di ….
         a.   laut yang luas
         b.   tanah yang gersang
         c.   tempat yang sempit
         d.   tempat yang luas
33.    Aliran air memutarkan kincir. Kincir memutarkan mesin. Mesin membangkitkan listrik. Perubahan bentuk energi yang terjadi pada peristiwa tersebut adalah ….
         a.   energi gerak menjadi energi putar
         b.   energi gerak menjadi energi listrik
         c.   energi bumi menjadi energi gerak
         d.   energi otot menjadi energi gerak
34.    Makanan adalah sumber energi bagi manusia. Buktinya adalah ….
         a.   perutmu terasa lapar jika tidak makan
         b.   kamu merasa lemas jika tidak makan
         c.   kamu dapat sakit perut jika memakan makanan yang tidak bersih
         d.   makan yang banyak perut jadi gendut
35.    Perhatikan gambar berikut!
                                                  Jika kamu mengamati gambar tersebut, angin bergerak dari ….
                                                  a.   timur ke barat
                                                  b.   barat ke timur
                                                  c.   utara ke selatan
                                                  d.   barat ke



II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan tepat!
1.      Alat yang dipasang pada kendaraan bentuk kecil disebut ….
2.      Jika kita berjalan terus ke arah barat, maka suatu saat akan sampai kembali ke tempat semula dari arah ….
3.      Sumber energi terbesar bagi bumi yang menghasilkan energi cahaya dan energi panas adalah ….
4.      Cekungan yang relatif luas, dalam, digenangi air dan terletak di daratan disebut ….
5.                                                             Bentuk tulang daun pada gambar di samping adalah ….


6.      Bentuk energi yang terkandung dalam sinar matahari adalah ….
7.                                                             Perhatikan gambar di samping!
                                                                Energi yang dimanfaatkan adalah ….



8.      Orang yang dapat menangkap cumi-cumi saat mencari ikan di ….
9.      Tiruan bola  bumi dalam bentuk kecil disebut ….
10.    Hewan yang dipelihara untuk menjaga rumah atau untuk menggembala ternak adalah ….


III.     Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
1.      Bagaimana cara agar barang-barang dari kayu dapat tahan lama?             
         Jawab : …………………………………………………………………………
2.      Tuliskan empat macam sumber energi!
         Jawab : ………………………………………………………………………….
3.      Bentuk bumi sebenarnya adalah bulat pepat. Apakah yang dimaksud bulat pepat?
         Jawab : …………………………………………………………………………
4.      Mengapa kendaan bias melaju lebih lancer di atas jalan beraspal daripada di atas jalan berbatu?
         Jawab : …………………………………………………………………………
5.      Sebutkan contoh dataran tinggi yang ada di Indonesia!
         Jawab : …………………………………………………………………………







Tidak ada komentar:

Posting Komentar