ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kompetensi Dasar : 1. Menyimpulkan
hasil gerak benda dipengaruhi oleh benda dan ukuran.
2. Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang
pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
3. Mengidentifikasi sumber energi dan
kegunaannya.
Indikator : 1. Mengidentifikasi
berbagai gerak benda melalui percobaan.
2. Mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi
gerak benda, misalnya: berat, ringan, bentuk dan kekerasan permukaan benda.
3. Membuat daftar dalam kehidupan sehari-hari,
misalnya: roda berputar, air mengalir.
4. Menerapkan berbagai gerak benda dalam
berbagai keperluan.
5. Menunjukkan adanya pengaruh energi
berdasarkan pengamatan, misalnya: panas dari sinar matahari, kincir angin
ditiup angin, petikan gitar menimbulkan bunyi.
6. Membuat daftar sumber energi, misalnya:
makanan, minyak tanah, baterai listrik, angin dan kayu bakar.
Kelas /Semester : III (Tiga) / 2 (Dua)
Ringkasan Materi :
ü Gerak
benda contohnya : menggelinding, jatuh, mengalir, memantul, berputar dan
meluncur.
ü Gerak
benda dipengaruhi oleh berat, ringan, bentuk dan permukaan benda.
ü Gerak
benda digunakan pada kincir air, kincir angin dan roda kendaraan.
ü Benda
bergerak dengan bermacam-macam cara.
ü Benda
yang bentuknya bulat, bundar, atau tabung bergerak dengan cara menggelinding.
ü Gerakan
mengalir yang terjadi pada benda-benda cair.
ü Benda
cair mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
ü Benda
yang memantul akan bergerak kembali ke tempat semula membentur atau mengenai
suatu bidang.
ü Benda
berputar pada porosnya. Benda yang berputar, contohnya: baling-baling dan
kincir.
ü Gerakan
benda juga dipengaruhi oleh permukaan dari benda dan permukaan dari tempat yang
bergerak.
ü Kita
memerlukan makanan agar kita dapat melakukan pekerjaan/kegiatan. Di dalam
makanan terkandung suatu energi.
ü Energi
adalah suatu yang memungkinkan terjadinya kegiatan. Kegiatan-kegiatan yang
dilakukan, contohnya: lari, menulis, membaca, berjalan dan lain-lain.
ULANGAN
HARIAN I
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling tepat
1. Kipas
angin listrik bergerak dengan cara ….
a. malayang c. tenggelam
b. terapung d. terbang
2. Berikut
adalah contoh benda yang dapat bergerak cepat, kecuali …
a. mobil c. air
b. pesawat terbang d. jarum jam
3. Daun
yang jatuh ke sungai akan ….
a. melayang c. tenggelam
b. terapung d. terbang
4. Benda
yang bergerak dengan mengalir adalah ….
a. bola c. air
b. roda d. baling-baling
5. Gambar
di samping menunjukkan bahwa benda cair bergerak ….
a. berputar
b. mengalir
c. memantul
d. menggelinding
6. Diantara
olahraga yang menggunakan bola, yang paling banyak memanfaatkan keguanan dari
gerak memantul adalah ….
a. golf
b. bola basket
c. bola gelinding (boling)
d. pola air
7. Berikut
adalah factor-faktor yang mempengaruhi gerakan benda, kecuali ….
a. ukuran benda c. warna benda
b. bentuk benda d. permukaan benda
8. Benda
berikut yang akan menggelinding jika digerakkan di tempat yang datar adalah ….
9. Perhatikan gambar berikut ini!
Benda-benda
tersebut terbuat dari kayu yang beratnya sama. Jika benda A dan benda B
diluncurkan pada bidang miring secara bersamaan, benda B meluncur lebih cepat
karena ….
a. lebih ringan dari benda
b. lebih panjang dari benda A
c. sama-sama terbuat dari kayu
d. bentuknya lebih ramping dari A
10. Contoh
benda yang dapat tenggelam di dalam air adalah ….
a. sendok dan garpu
b. gabus dan kertas
c. plastik dan kayu
d. spidol dan pensil
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Benda yang berbentuk kotak lebih sukar
menggelinding daripada benda yang berbentuk ….
2. Gerakan bola
seperti pada gambar di samping dinamakan gerak ….
3. Jika makin besar tenaga yang mengenai
suatu benda, maka gerak benda akan makin ….
4. Jika makin deras aliran air, maka kincir
air akan bergerak makin ….
5. Gerakan benda yang berputar sambil
berpindah disebut ….
6. Olahraga yang menantang dan dilakukan di
atas aliran sungai yang deras adalah ….
7 Gerak benda berguling-guling seperti roda
berputar disebut gerak ....
8. Ketika memindahkan lemari, Pandu member
alas keset pada lemari. Hal ini dilakukan Pandu untuk mengurangi ………… antara
lemari dan lantai
9. Energi sangat besar yang berasal dari
aliran air yang sangat deras dapat dimanfaatkan untuk ….
10. Jika makin kasar permukaan suatu benda, maka
gerak banda akan makin ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Mengapa bagian muka pesawat terbang
berbentuk lancip?
Jawab : …………………………………………………………………………
2. Tulislah tiga faktor yang mempengaruhi
gerak benda!
Jawab : …………………………………………………………………………
3. Mengapa untuk mengasah pisau diperlukan
batu pengasah yang licin?
Jawab : …………………………………………………………………………
4. Mengapa rantai roda perlu diberi minyak
pelumas?
Jawab : …………………………………………………………………………
5.
Berdasarkan
pada prinsip gerak apakah olahraga di samping?
Jawab
: …………………………………………………………………………
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kompetensi Dasar : 1. Membuat
kincir angin untuk menunjukkan energi angin dapat berubah menjadi energi gerak.
2. Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari.
Indikator : 1. Menentukan
rancangan yang akan dibuat modelnya,
misalnya kincir angin.
2. Menentukan alat dan bahan yang mudah
diperoleh dan mudah digunakan.
3. Memberikan alasan atas penilaian alat/bahan.
4. Menggunakan alat/bahan secara tepat.
5. Membuat model sesuai rancangan dengan
memperhatikan keindahan.
6. Memodifikasi model-model.
7. Memberi saran cara memperbaiki model.
8. Mengaitkan antara model yang dibuat dengan
gerak yang diharapkan
Kelas /Semester : III (Tiga) / 2 (Dua)
Penerapan Konsep Energi Gerak
Ringkasan Materi :
ü Energi
adalah kemampuan untuk melakukan usaha atau kegiatan.
ü Tubuh
memperoleh energi dari makanan yang kita makan.
ü Tanpa energi,
tubuh kita akan terasa lelah dan lemas.
ü Energi
yang digunakan manusia bermacam-macam bentuknya.
ü Energi
panas adalah energi yang dihasilkan dari panas suatu benda.
ü Energi
mempunyai bermacam-macam bentuk.
ü Energi
panas, energi cahaya, energi listrik, energi bunyi, energi kinetik.
Air terjun dan angin juga merupakan sumber energi.
ü Tujuan
penggunaan sumber energi adalah untuk menghasilkan cahaya, pemanas atau
pendingin, dan menggerakan suatu benda.
ü Sumber energi
sangat penting untuk dikelola dan dihemat penggunaannya.
ü Sumber energi
ada yang dapat diperbaharui, ada pula yang tidak dapat diperbaharui.
ü Pada
alam terdapat berbagai macam sumber energi, antara lain: makanan, minyak bumi,
gas alam, baterai, listrik, matahari, air dan angin.
ü Makanan
manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.
ü Sumber energi
utama dan terbesar di bumi adalah matahari.
ü Keberadaan
energi tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan.
ü Energi
dapat berubah ke satu bentuk ke bentuk yang lainnya.
ü Sumber energi
yang paling banyak digunakan manusia adalah minyak bumi dan listrik.
ü Energi
listrik dapat diubah menjadi bentuk-bentuk
energi lain secara cepat dan mudah.
ü Energi
matahari dipancarkan ke bumi sebagai gelombang electromagnet. Sebagian
gelombang electromagnet menjadi gelombang cahaya yang menerangi bumi, dan
sebagian menyebabkan panas di bumi.
ü Energi
dari matahari sangat bermanfaat bagi makhluk hidup di dunia, yaitu:
a. Membantu fotosintesis pada tumbuhan
b. Energi matahari digunakan manusia dan hewan
secara langsung atau tidka langsung.
c. Sinar matahari pagi sangat baik bagi
kesehatan tubuh. Sinar matahari pagi membantu pembentukan vitamin D dalam
tubuh.
ü Usaha-usaha
yang perlu kita lakukan untuk menghemat energi, yaitu :
1. Menggunakna alat listrik yang hemat energi.
2. Mematikan alat-alat listrik yang tidak
digunakan.
3. Kamar kosong tidak perlu diberi penerangan.
4. Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar.
5. Mematikan kran air apabila selesai digunakan.
6. Menggunakan air secukupnya saat mencuci
pakaian.
7. Menggunakan kompor yang hemat energi.
ü Sumber-sumber
energi yang terdapat di sekitar kita yaitu energi matahari, energi angin, energi
air terjun, energi minyak bumi dan gas, energi batu bara, energi makanan, energi
listrik, dan energi dari batu baterai atau aki.
ULANGAN
HARIAN II
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling tepat
1. Energi
listrik dimanfaatkan untuk alat-alat di bawah ini, kecuali ….
a. televisi c. lampu petromak
b. computer d. lampu neon
2. Berikut
ini ang termasuk sumber energi yang dapat diperbaharui adalah ….
a. bensin c. solar
b. batu bara d. aki
3. Baju
yang basah setelah dijemur pada siang hari, cepat menjadi kering akibat
pengaruh energi …
a. angin c. bunyi
b. matahari d. udara
4. Sumber
energi alam yang dapat langsung kita manfaatkan adalah ….
a. minyak bumi c. matahari
b. makanan d. batu bara
5. Sumber
energi utama di bumi adalah ….
a. matahari c. angin
b. air d. api
6. Bahan
bakar minyak atau batu bara menyimpan energi ….
a. potensi c. panas
b. kimia d. kinetic
7. Generator
yang digerakkan kincir air dapat menghasilkan energi ….
a. listrik c. cahaya
b. gerak d. panas
8. Energi
yang dimiliki oleh benda pada gambar di samping adalah energi ….
a. bunyi
b. panas
c. listrik
d. kinetik
9. Alat
seperti gambar di samping bergerak karena mendapat energi dari ….
a. udara
b. batu
c. aliran air
d. sinar
matahari
10. Energi
yang tersimpan dalam air terjun adalah energi ….
a. kimia c. atom
b. listrik d. potensial
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Kompor sumbu dapat menyala karena
memperoleh energi dari ….
2. Kegiatan di samping banyak
menggunakan energi ….
3. Pada malam hari suasana gelap. Agar
suasana menjadi terang, kita memerlukan energi ….
4. Generator yang digerakkan oleh kincir air
akan menghasilkan ….
5. Sumber energi yang paling banyak digunakan
manusia adalah ….
6. Energi penggerak pada kapal layar berasal
dari ….
7. Jika tubuh kita terasa lelah, maka hal
tersebut menandakan bahwa tubuh kita kekurangan ….
8. Anak-anak
asyik bermain banyak menggunakan energi ….
9. Perhatikan gambar di samping!
Gambar di samping menggunakan
bahan bakar yang dimanfaatkan untuk menghasilkan energi ….
10. Untuk menghidupkan TV, kita memerlukan energi
….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Wati membantu ibu di dapur. Sebutkan
energi yang dibutuhkan!
Jawab : …………………………………………………………………………
2. Minyak bumi termasuk sumber daya alam yang
tidak dapat diperbaharui. Apa maksudnya?
Jawab : …………………………………………………………………………
3. Apa akibatnya jika kita menggunakan sumber
energi secara berlebihan?
Jawab : …………………………………………………………………………
4. Apa yang terjadi jika tubuh kita
kekurangan energi?
Jawab : …………………………………………………………………………
5. Apa yang terjadi jika bumi tidak dapat
mendapatkan energi dari matahar?
Jawab : …………………………………………………………………………
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kompetensi Dasar : 1. Mendiskripsikan kenampakan bumi di lingkunga
sekitar.
2. Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan
surya.
3. Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan
manusia.
4. Mengidentifikasi cara manusia dalam
memelihara dan melestarikan alam di
lingkungan sekitar.
Indikator : 1. Mengidentifikasi
berbagai bentuk permukaan bumi (dataran dan
air).
2. Mengidentifikasi kondisi cuaca, misalnya :
berawan, cerah, panas, dingin, hujan.
3. Meramalkan keadaan cuaca yang terjadi
berdasarkan keadaan langit, misalnya: awan tebal mungkin akan hujan.
4. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang sesuai
dengan keadaan cuaca tertentu.
5. Memberi contoh perilaku yang menunjukkan
kepedulian terhadap lingkungan dan yang merusak lingkungan.
6. Menjelaskan dampak perilaku yang merusak
lingkungan, misalnya: menebang dan membakar hutan.
Kelas /Semester : III (Tiga) / 2 (Dua)
Penampakan Permukaan Bumi dan
Pengaruhnya
Ringkasan Materi :
ü
Permukaan bumi yang tidak rata terdiri atas
daratan dan lautan.
ü
Daratan terdiri atas pegunungan, lereng,
gunung, bukit, perbukitan, lembah, danau, sungai dan tepi pantai.
ü
Laut adalah kumpulan air asin yang memisahkan
daratan yang satu dengan daratan yang lain.
ü
Tinggi rendahnya permukaan bumi disebut relief
bumi.
ü
Berdasarkan ketinggiannya, pegunungan
dikelompokkan menjadi pegunungan rendah, pegunungan menengah dan pegunungan
tinggi.
ü
Berdasarkan asal airnya, sungai dikelompokkan
menjadi sungai hujan, sungai gletser dan sungai campuran.
ü
Globe dapat dimanfaatkan untuk melihat bentuk
permukaan bumi secara utuh.
ü
Bumi berputar pada porosnya. Bumi juga berputar
mengelilingi matahari.
ü
Bumi berbentuk bulat seperti bola, tetapi agak
pepat pada kedua kutubnya dan mengembung pada bagian khatulistiwa.
ü
Beberapa peristiwa yang menunjukkan bahwa bentuk bumi bulat, antara lain :
a. Matahari yang beru
terbenam, bagian-bagian yang tinggi masih kelihatan.
b. Kenampakan kapal
jika menuju pantai, pertama-tama yang kelihatan asapnya, kemudian cerobongnya
dan baru kapalnya.
ü
Tiruan bola bumi disebut globe. Globe dapat
dimanfaatkan untuk melihat gambaran permukaan bumi secara utuh dan memeragakan
peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi.
ü
Setiap daratan mempunyai ciri-ciri fisik yang
dimiliki setiap daratan mengakibatkan perbedaan jenis tumbuhan yang mampu hidup
di daratan.
ü
Bentuk bumi adalan bulat pepat.
ü
Macam-macam kondisi cuaca, antara lain: cerah,
berawan, dingin berangin dan hujan.
ü
Perbedaan kondisi cuaca menyebabkan perbedaan
tata cara dan kegiatan manusia.
ü
Kondisi cuaca dipengaruhi oleh: suhu udara,
letak suatu daerah, tekanan darat, curah hujan, kelembaban udara dan angin.
ü
Usaha manusia melestarikan alam yaitu dengan
cara: tidak merusak hutan, tanah dan air, membuat bendungan (waduk), tidak
mencemari lingkungan sekitar, tidak mencemari laut, menanam kembali hutan yang
telah ditebang.
ü
Lembah adalah daratan yang rendah di sepanjang
sungai.
ü
Bentuk bumi dilihat dari luar angkasa bulat
seperti bola dan berkerut-kerut.
ü
Warna bumi dilihat dari luar angkasa adalah
berkerut-kerut.
ü
Bumi berwarna biru adalah warna laut yang
merupakan sebagian besar permukaan bumi.
ü
Alat penunjuk arah adalah Kompas.
ULANGAN
HARIAN III
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling tepat
1. Terjadinya
angin dari suatu tempat ke tempat lain disebabkan oleh adanya perbedaan ….
a. kelembaban udara
b. tekanan udara
c. tempat yang luas
d. pemandangan alam
2. Penduduk
yang hidup di daerah pesisir umumnya mengenakan pakaian yang ….
a. tebal c. merah
b. tipis d. hitam
3. Tempat
yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah ….
a. dataran c. gunung
b. pantai d. bukit
4. Amir
hendak menjemur pakaian. Tiba-tiba ia ingat perkiraan cuaca yang dilihatnya
kemarin malam di televise. Ia melihat ke langit dan akhirnya mengurungkan niatnya
untuk menjemur pakaian. Simbol yang dilihat Amir pada perkiraan cuaca adalah ….
5. Bila
diamati peristiwa di samping ini adalah …..
a. pagi yang cerah
b. malam hari
c. siang berawan
d. sore hari
6. Pegunungan
tinggi adalah pegunungan yang mempunyai ketinggian sekitar ….
a. kurang dari 200 m
b. 200 – 500 m
c. 500 – 1.500 m
d. lebih dari 1.500 m
7. Rumah
di daerah pegunungan umumnya beratap ….
a. genting c. asbes
b. seng d. daun tebu
8. Bila
kita berada di daerah bercuaca dingin, maka sebaiknya kita menggunakan pakaian
yang ….
a. tebal c. berwarna gelap
b. tipis d. berwarna putih
9. Perhatikan
gambar di samping! Gambar di samping menunjukkan ….
a. matahari yang cerah, awan yang mendung, hujan
lebat
b. matahari yang cerah, awan yang mendung, hujan
c. langit yang cerah, langit yang mendung, hujan
lebat
d. langit mendung, awan gelap , hujan lebat
10. Bila
dibandingkan dengan daerah pegunungan, maka suhu dataran rendah lebih ….
a. sejuk c. dingin
b. panas d. teduh
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Bola bumi tiruan buatan manusia disebut ….
2. Pada siang hari yang cerah, kamu dapat
merasakan matahari bersinar terik. Pada malam yang cerah kamu dapat
melihat …. di langit.
3. Udara pegunungan lebih terasa … dari
pada udara di daerah pantai
4. Pohon nyiur adalah pohon yang tumbuh di daerah
….
5. Salah satu contoh perilaku manusia yang
dapat merusak lingkungan adalah ….
6. Untuk menghindari erosi pada sawah-sawah
di daerah pegunungan, maka dibuat ,.. untuk menahan air
7. Awan dapat berpindah tempat karena
pengaruh ….
8. Musim kemarau biasanya tejadi antara bulan
….
9. Danau buatan manusia adalah ….
10.. Indonesia adalah Negara yang beriklim ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Mengapa rumah-rumah di pantai beratap
tinggi?
Jawab : …………………………………………………………………………
2. Sebutkan tumbuhan yang cocok ditanam di
pantai!
Jawab : …………………………………………………………………………
3. Bagaimana sebaiknya kita berpakaian saat
berada di tempat yang gersang dan panas pada siang hari?
Jawab : …………………………………………………………………………
4. Amati
gambar di samping!
Jelaskan
peristiwa yang terjadi!
Jawab
: …………………………………………………………………………
5. Sebutkan 3 perbedaan ketinggian di
pegunungan!
Jawab : …………………………………………………………………………
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan
keterkaitan antara permukaan bumi, lingkungan, teknologi dan masyarakat.
Indikator : 1. Memberi
contoh perilaku yang menunjukkan kepedulian melestarikan alam.
2. Menjelaskan dampak perilaku manusia terhadap
lingkungan.
3. Bersikap selalu memelihara dan melestarikan
alam sehari-hari.
Kelas /Semester : III (Tiga) / 2 (Dua)
Memelihara dan Melestarikan
Ringkasan
Materi :
ü Alam
merupakan tempat makhluk hidup.
ü Alam
harus kita jaga pelestariannya, agar kita tetap hidup.
ü Sumber
daya alam harus kita jaga dan lestarikan.
ü Ada dua
macam peruatan manusia terhadap alam:
1. Perbuatan manusia yang dapat menimbulkan
kerusakan sumber daya alam, antara lain:
· Perladangan
berpindah
· Penebangan
hutan secara liar
· Penangkapan
ikan dengan bahan peledak
· Pemburuan
hewan
· Pembukaan
hutan-hutan
|
· Penggunan
pupuk berlebihan
· Penggunaan
pestisida berlebihan
· Penebangan
liar
· Kegiatan
industry yang tidak memperhatikan lingkungan
|
2. Perbuatan manusia yang dapat menunjukkan
kepedulian lingkungan yaitu:
· Menanami lahan yang kosong dengan pepohonan
· Menghindari
terjadinya kebakaran hutan
· Membuang
sampah pada tempatnya
· Membuat
penyaringan pada cerobong asap pabrik.
· Tidak
terlalu berlebihan menggunakan pupuk kimia dan pestisida.
|
· Menanamkan
sikap disiplin untuk memelihara lingkungan hidup sehat di rumah sekolah dan
pergaulan masyarakat.
· Tidak
menebang pepohona di daeah aliran sungai, hulu sungai atau daerah pegunungan.
· Tidak
membuang cairan kimia dan bahan pencemar lainnya ke dalam sungai atau
selokan.
|
ü
Dampak perilaku manusia dapat mengakibatkan
kerusakan, misalnya: banjir, angin rebut, putting beliung, tanah longsor/erosi,
polusi udara, polusi air, tanah tandus dan sebagainya.
ü
Usaha-usaha untuk melestarikan lingkungan
antara lain: reboisasi, suaka marga satwa, cagar alam, terasering dan
sebagainya.
ü
Agar proses penyuburan alam berjalan dengan
baik, maka semua manusia harus sadar terhadap lingkungan sekitar.
ULANGAN
HARIAN IV
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling tepat
1. Perilaku
manusia berikut yang menyebabkan kawasan tanah menjadi gundul adalah ….
a. pencemaran tanah
b. ekstensifikasi
pertanian
c. tebang habis
d. tebang berencana
2. bahan
utama untuk membuat kincir angin adalah ….
a. kain c. kapas
b. karton d. balok kayu
3. Baling-baling
kincir air dapat dibuat dari bahan ….
a. plastic keras c. kertas
b. kain d. karton
4. Sumber daya alam dapat menghasilkan bahan
gambar ….
5. Jenis
tumbuhan untuk menghasilkan minuman yang sehat adalah ….
a. teh dan jagung
b. ubi dan jagung
c. cokelat dan kopi
d. kopi dan padi
6. Energi
yang dimiliki oleh benda pada gambar di samping dihasilkan oleh ….
a. roda-rodanya
b. bahan pembuatanya
c. baterai
di dalamnya
d. temaga di dalamnya
7. Keletarian
sumber daya alam terutama tergantung pada ….
a. tanah c. hewan
b. manusia d. tumbuhan
8. Sumber
daya alam yang dapat habis persediaanya di muka bumi adalah ….
a. minyak bumi c. angin
b. air d. sinar matahari
9. Sumber
daya alam yang berasal dari tumbuhan yang tertimbun tanah selama jutaan tahun
adalah ….
a. minyak bumi c. besi
b. batu bara d. aluminium
10. Padi,
jagung dan kcang-kacangan diperoleh dengan cara ….
a. bertani c. menambang
b. berternak d. mencari di hutan
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Bencana alam akan terjadi jika
manusia … alam
2. Bila tanah kena erosi, maka …
akan berkurang
3. Usaha pemerintah untuk melindungi hewan
tertentu agar tidak punah disebut ….
4. Memilihara dan melestarikan alam merupakan
kewajiban ….
5. Penangkapan ikan dengan bahan peledak
dilarang sebab ….
6. Mencuci di sungai dapat mengakibatkan
timbulnya ….
7. Sampah dari tumbuh-tumbuhan dapat
dimanfaatkan sebagai ….
8. Penebangan hutan secara liar dapat
mengakibatkan ….
9. Sumber data alam yang utama agar layang-layang
dapat terbang dengan baik adalah ….
10.
Amati
gambar di samping!
Bila
kita hidup di daerah ini, maka terjadilah pencemaran .,…
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Apa kegunaan dari batang pohon jati?
Jawab : …………………………………………………………………………
2. Apa yang dimaksud dengan peladangan
berpindah?
Jawab : …………………………………………………………………………
3. Sebutkan 2 akibat yang terjadi dari hutan
gundul!
Jawab : …………………………………………………………………………
4. Sebutkan 2 akibat dari sampah yang
berserakan!
Jawab : …………………………………………………………………………
5. Apa yang kau lakukan terhadap sampah?
Jawab : …………………………………………………………………………
ILMU
PENGETAHUAN ALAM
KELAS
III ULANGAN AKHIR SEMESTER II
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling tepat
1. Ketika
bola menggelinding, bola tersebut bergerak secara ….
a. memantul c. berputar
b. meluncur d. mengalir
2. Permukaan bumi terdiri dari ….
a. dataran dan
sebaran air
b. dataran dan
pegunungan
c. sungai dan danau
d. dataran dan sungai
3. Diantara
bahan makanan di bawah ini, jika direbus akan mengeras yaitu ….
a. ketimun c. semangka
b. labu siam d. telur
4. Bola
berpindah tempat dengan cara menggelinding. Air berpindah tempat dengan cara ….
a. mengalir c. menggelinding
b. meluncur d. terbang
5. Cuaca
yang ditandai dengan matahari bersinar terang tanpa ditutupi awan disebut ….
a. berawan c. hujan
b. cerah d. dingin
6. Aliran
air di sungai dapat dimanfaatkan untuk ….
a. mencuci piring
b. mencuci pakaian
c. melajukan perahu
d. menahan balok
7. Berikut
ini yang termasuk tumbuhan berbunga adalah ….
a. mawar, melati, supir
b. anggrek, mawar, paku tanduk rusa
c. mawar, melati, pohon buah-buahan
d. melati, anggrek, tumbuhan paku.
8. Manakah
pernyataan yang menunjukkan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh berat ringat
benda?
a. bola yang dilapisi plastik lebih cepat
meluncur
b. mendorong mobil lebih sulit dari pada
mendorong motor
c. bola lebih cepat bergerak di atas papan
miring dibandingkan balok
d. a, b, dan c benar
9. Awan
yang berbentuk serabut-serabut halus berwarna putih dan letaknya paling tinggi
disebut awan ….
a. cumulus c. stratus
b. sirus d. kabut
10. Contoh
akibat yang ditimbulkan karena penggunaan energi, yaitu ….
a. setelah makan banyak perut terasa kenyang
b. terasa dingin bila mandi di malam hari
c. setelah makan kita menjadi lebih bertenaga
d. ketika haus kita memerlukan minuman
11. Sumber
energi terbesar bagi kehidupan di bumi adalah ….
a. matahari c. angin
b. makanan d. minyak bumi
12. Tempat
yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah ….
a. dataran c. pantai
b. lembah d. gunung
13. Pernyataan
yang salah adalah ….
a. warna dan jumlah awan di langit tidak
berpengaruh terhadap perubahan cuaca
b. jika ada sedikit awan di langit akan terjadi
hujan
c. Warna awan yang putih menunjukkan cuaca cerah
d. perubahan cuaca terjadi di lapisan atmosfer
14. Sumber energi
yang digunakan pada gambar di samping adalah ….
a. matahari
b. angin
c. minyak bumi
d. orang banyak
15. Bagian
sungai yang dekat dengan laut disebut ….
a. pantai c. hulu
b. muara d. danau
16. Benda
yang akan memantul jika dilepaskan ke lantai adalah ….
a. bola dari plastisin
b. bola dari tanah liat
c. semua benda yang lunak
d. bola yang terbuat dari karet
17. Gambar
di samping pada peta datar disajikan dalam warna ….
a. hijau
b. kuning
c. hitam
d. merah
18. Kondisi
cuaca di daerah pegunungan lebih dingin daripada di daerah pantai. Hal ini
berhubungan dengan adanya perbedaan ….
a. suhu udara
b. kelembaban
c. tekanan udara
d. curah hujan
19. Berikut
adalah tanda-tanda hujan akan turun,, kecuali …
a. angin bertiup kencang
b. cuaca cerah
c. suhu dingin
d. awan tebal
20. Untuk
menggerakkan benda yang berat diperlukan….
a. tenaga yang besar
b. alat yang berat
c. alat yang panjang
d. orang banyak
21. Simbol
di samping menunjukkan cuaca ….
a. cerah
b. berawan sebagian
c. berawan
d. hujan
22. Daun
suji menjadikan makanan berwarna ….
a. merah c. hijau
b. kuning d. biru
23. Perhatikan
gambar di samping!
Simbol di samping digunakan untuk menggambarkan
cuaca ….
a. cerah dan matahari bersinar
b. terjadi hujan
c. berawan
d. sinar matahari tidak tampak
24. Dua
helai kain yang sama dijatuhkan dari ketinggian yang sama. Kini yang satu
basah, sedangkan kain yang lainnya kering, kain yang basah lebih cepat sampai
di lantai. Kalimat ini….
a. benar, kerana benda yang berat lebih cepat
jatuh dibandingkan benda ringan
b. salah, seharusnya kedua kain jatuh
bersama-sama mencapai lantai
c. benar, karena benda kering banyak mengandung
air
d. salah, karena berat dan ringan tidak
mempengaruhi gerakan benda.
25. Alat
seperti gambar di samping memperoleh energi dari ….
a. angin
b. gerak
c. listrik
d. bensin
26. laut yang luas disebut juga ….
a. selat c. samudra
b. teluk d. tanjung
27. Simbol
cuaca di samping menunjukkan cuaca ….
a. hujan
b. kemarau
c. berawan
d. lembab
28. Gerakan
benda dipengaruhi oleh hal-hal di bawah ini, kecuali ….
a. ukuran benda
b. bentuk benda
c. warna benda
d. permukaan benda
29. Contoh
sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk kenyamanan manusia adalah ….
a. hutan lebat
b. tanah subur
c. pemandangan alam
d. tumbuhan dan hewan
30. Asap
kendaraan bermotor mengandung gas berbahaya, yaitu ….
a. karbondioksida
b. oksigen
c. karbonmonoksida
d. asam sulfat
31. Jika
makin deras aliran air, maka gerakan kincir air akan
a. makin cepat
b. makin lambat
c. tetap
d. makin cepat lalu
makin lambat
32. Cuaca
berhubungan dengan kondisi udara di ….
a. laut yang luas
b. tanah yang gersang
c. tempat yang sempit
d. tempat yang luas
33. Aliran
air memutarkan kincir. Kincir memutarkan mesin. Mesin membangkitkan listrik.
Perubahan bentuk energi yang terjadi pada peristiwa tersebut adalah ….
a. energi gerak menjadi energi putar
b. energi gerak menjadi energi listrik
c. energi bumi menjadi energi gerak
d. energi otot menjadi energi gerak
34. Makanan
adalah sumber energi bagi manusia. Buktinya adalah ….
a. perutmu terasa lapar jika tidak makan
b. kamu merasa lemas jika tidak makan
c. kamu dapat sakit perut jika memakan makanan
yang tidak bersih
d. makan yang banyak perut jadi gendut
35. Perhatikan
gambar berikut!
Jika
kamu mengamati gambar tersebut, angin bergerak dari ….
a. timur ke barat
b. barat ke timur
c. utara ke selatan
d. barat ke
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Alat yang dipasang pada kendaraan bentuk
kecil disebut ….
2. Jika kita berjalan terus ke arah barat,
maka suatu saat akan sampai kembali ke tempat semula dari arah ….
3. Sumber energi terbesar bagi bumi yang
menghasilkan energi cahaya dan energi panas adalah ….
4. Cekungan yang relatif luas, dalam,
digenangi air dan terletak di daratan disebut ….
5. Bentuk
tulang daun pada gambar di samping adalah ….
6. Bentuk energi yang terkandung dalam sinar
matahari adalah ….
7. Perhatikan
gambar di samping!
Energi
yang dimanfaatkan adalah ….
8. Orang yang dapat menangkap cumi-cumi saat
mencari ikan di ….
9. Tiruan bola bumi dalam bentuk kecil disebut ….
10. Hewan yang dipelihara untuk menjaga rumah
atau untuk menggembala ternak adalah ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Bagaimana cara agar barang-barang dari
kayu dapat tahan lama?
Jawab : …………………………………………………………………………
2. Tuliskan empat macam sumber energi!
Jawab : ………………………………………………………………………….
3. Bentuk bumi sebenarnya adalah bulat pepat.
Apakah yang dimaksud bulat pepat?
Jawab : …………………………………………………………………………
4. Mengapa kendaan bias melaju lebih lancer
di atas jalan beraspal daripada di atas jalan berbatu?
Jawab : …………………………………………………………………………
5. Sebutkan contoh dataran tinggi yang ada di
Indonesia!
Jawab : …………………………………………………………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar