ILMU PENGETAHUAN ALAM
Standar Kompetensi : Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan
kegunaannya.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
sumber-sumber energi (panas, listrik, cahaya dan bunyi) yang ada di lingkungan
sekitar.
Materi Pokok : Energi dan Perubahannya
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 ( Dua )
Ringkasan Materi :
Ø
Energi adalah kemampuan atau
tenaga untuk melakukan suatu kerja dan usaha.
Ø
Macam-macam bentuk energi,
misalnya: panas, bunyi, cahaya.
Ø
Sumber energi adalah berbagai
macam benda yang dapat menghasilkan energi panas, bunyi dan cahaya.
Ø
Sumber energi berasal dari :
a. matahari
e. minyak bumi
b. listrik f. kayu bakar
c. batu aki g. bensin
d. aki h. makanan dan lain-lain
Ø
Sumber energi panas antara
lain: matahari, listrik, minyak tanah, bensin, kayu bakar.
Ø
Sumber energi bunyi antara
lain: radio, jam beker, gitar, televise, kendang, seruling, angklung
Ø
Sumber energi cahaya antara
lain: senter, lampu neon, listrik, lilin.
ULANGAN HARIAN I
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1. Sumber
energi panas utama adalah ….
a. matahari c. panas
b. listrik
2. Terompet ditiup menghasilkan ….
a. panas c. bunyi
b. cahaya
3. Kompor menghasilkan energi ….
a. bensin
c. listrik
b. panas
4. Lampu senter dapat menyala jika diisi ….
a. bensin c. baterai
b. batu
5. Untuk melicinkan pakaian menggunakan ….
a. mesin
cuci c. lemari
b. setrika
6. Para nelayan sering menggunakan energi … untuk pergi melaut.
a. matahari c. angin
b. panas
7. Kulkas/lemari pendingin adalah alat untuk ….
a. pemanas air c. pendingin
b. pemanas kue
8. Alat rumah tangga yang menghasilkan bunyi dan cahaya adalah ….
a. radio c. kulkas
b. televisi
9. Magic jar adalah alat rumah tangga yang
menghasilkan ….
a. panas c. cahaya
b. bunyi
10. Agar
mata kita dapat melihat, harus ada ….
a. cahaya c. panas
c. air
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Lilin digunakan untuk penerangan karena
lilin menghasilkan ….
2. Benda yang
dapat menimbulkan bunyi disebut sumber ….
3. Contoh alat rumah tangga yang digunakan
untuk mendinginkan ruangan adalah ….
Gambar disamping
menggunakan energi ….
Setelah
ada energy listrik, alat di samping menghasilkan ….
6. Saat dihidupkan, televisi
menghasilkan … dan
….
7. Nelayan sering menggunakan energi …
berfungsi menggerakkan layar di kapal.
8. Mematikan lampu yang tidak diperlukan
merupakan salah satu cara untuk hemat ….
9. Kendaraan mobil akan mati jika kehabisan
….
10. Pagi hari yang dingin, jika kita olahraga
badan akan terasa ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 3 sumber energi!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
2. Bagaimana cara menghemat energi listrik!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
3. Dari mana saja energi penghasil panas kita
dapatkan?
Jawab : …………………………………………………………………………………………………
4. Lengkapilah tabel di bawah ini sesuai
contoh!
No.
|
Nama Benda
|
Manfaat
|
Sumber Energi
|
1.
|
Senter
|
Penerang
|
Batu Baterai
|
2.
|
………....
|
……………
|
…………….
|
3.
|
………....
|
……………
|
…………….
|
4.
|
………....
|
……………
|
…………….
|
5. Apa yang terjadi pada jemuran kita, jika
langit gelap?
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Standar Kompetensi : Mengenal
berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
Materi Pokok : Jenis energi yang sering digunakan
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 (Dua)
Ringkasan Materi :
Ø Dalam
kehidupan sehari-hari kita selalu menggunakan energy, kita dapat melakukan
aktifitas menulis, berjalan, berlari, bekerja dan lain-lain, itu karena kita
mempunyai energy yang bersumber dari makanan. Adapun sumber energi yang lain
yaitu:
- Energi listrik :
contoh alat-alat elektronik yang energinya berasal dari listrik adalah: lampu,
lemari es, kipas angin, magic jar.
- Energi angin : contohnya: kincir dapat bergerak karena
angin.
- Energi air :
contohnya: air terjun dapat menggerakkan air.
Ø Cara-cara
menghema energi listrik adalah:
1. Mematikan lampu jika
tidak digunakan
2. Mematikan kompor
setelah memasak
3. Mematikan peralatan
listrik jika tidak digunakan
4. Pergi berjalan kaki
jika jaraknya dekat
ULANGAN HARIAN II
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1. Yang termasuk alat rumah tangga adalah ….
a. magic jar c. tas, buku
b. celana
2. Agar tubuh kita bertenaga, maka butuh …..
a. jamu
c. makan
b. mandi
3. Matahari tenggelam di sore hari di sebelah
….
a. barat c. timur
b. utara
4. Jenis energi yang mudah berubah menjadi bentuk energy lain
adalah ….
a. minyak tanah c. listrik
b. air
5. Bayang-bayang tepat pada benda, pada waktu ….
a. pagi hari c. sore hari
b. siang hari
6. Untuk menghemat energi, bila tidak terpakai kran harus ….
a. dihidupkan c. ditutup
b. dibuka
7. Sumber bunyi alami yaitu ….
a. radio c. bom
b. petir
8. Alat yang diperlukan cocok untuk belajar yaitu ….
9. Alat
transportasi di samping bergerak dengan memanfaatkan energi ….
a. listrik
b. angin
c. matahari
10. Penggunaan listrik yang utama ialah untuk ….
a. memasak c. penerangan
b. menonton
televisi
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. PLTA singkatan dari ….
2. Televisi yang tidak ditonton lebih baik di
….
3. Nelayan menggunakan energi angin untuk
menggerakkan ….
4. Penghematan listrik paling efektif
dilakukan dari pukul ….
5. Lampu minyak dinyalakan bila listrik
sedang ….
6. Alat masak berupa tungku, bahan bakarnya
adalah ….
7. Alat untuk menanak nasi yang menggunakan
energi listrik adalah ….
8. Asap yang dikeluarkan kendaraan bermotor
sangat berbahaya karena mengandung ….
9. Sumber energi pada manusia adalah ….
10. Kincir air yang menggerakkan generator dapat
membangkitkan ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan peralatan di rumahmu yang
digunakan energi listrik!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
2. Sebutkan cara-cara menghemat energi
listrik!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
3. Sebutkan benda yang menghasilkan bunyi!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
4. Mengapa energi angin banyak digunakan dalam kehidupan?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
5. Jika sedang membakar sate, peralatan apa
saja yang harus disiapkan? Sebutkan tiga saja!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Standar Kompetensi : Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
Materi Pokok : - Kedudukan matahari
-
Kedudukan matahari dan bayangan yang dibentuk
- Perbedaan panas matahari
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 (Dua)
Ringkasan Materi :
a.
Matahari adalah pusat tata surya,
semua planet bergerak mengelilingi matahari, bumi bergerak mengelilingi matahari. Gerak bumi
mengakibatkan gerak semu matahari, matahari seolah-olah bergerak mengelilingi
bumi padahal bumi yang bergerak mengelilingi matahari.
Ø Perubahan
posisi matahari :
1. Posisi matahari pada pagi hari di sebelah
timur, matahari terbit dari timur kira-kira pukul setengah enam pagi di ufuk,
langit tampak kemerahan. Saat terbit panas matahari belum terasa hangat, alam
raya masih terasa sejuk. Lama-kelamaan panasnya meningkat. Sinar matahari pagi
baik untuk kesehatan mengandung vitamin D. vitamin D diperlukan tubuh untuk pertumbuhan tulang.
Olahraga yang baik dilakukan pada pagi hari.
2. Posisi matahari pada siang hari, sinarnya
jatuh di bumi tegak lurus tepat di atas kepala, sehingga udara terasa sangat
panas, saat itulah disebut tengah hari.
3. Posisi matahari pada sore hari
- Matahari terbenam di sebelah barat di waktu
sore hari.
- Terbenamnya matahari menandakan malam akan
tiba.
- Antara sore dan malam disebut senja hari.
b. Bayang-bayang yang dibentuk matahari dapat berubah-ubah dari
waktu-ke waktu.
- Pada pagi hari
bayang-bayang terdapat di sebelah barat
benda dan lebih panjang dari benda.
- Pada siang hari
bayang-bayang semakin pendek, bahkan tepat pada benda.
- Pada sore hari
bayang-bayang terdapat di sebelah timur benda dan lebih panjang dari benda.
- Pada zaman dahulu
orang mengetahui waktu dengan melihat bayang-bayang dari matahari disebut jam
matahari.
ULANGAN HARIAN III
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1. Matahari terbit dari arah ….
a. timur c. barat
b. tenggara
2. Matahari terbit berwarna ….
a. kehitaman c. kemerahan
b. kecoklatan
3. Matahari bergerak dari ….
a. utara
ke selatan c. timur ke barat
b. barat
ke timur
4. Mendekati tengah hari, bayangan yang
terbentuk ….
a. makin
panjang c. tetap
b. makin
pendek
5. Sinar matahari mengandung banyak vitamin D pada ….
a. sore hari c. siang hari
b. pagi hari
6. Cahaya matahari yang mengenai benda akan membentuk ….
a. gambar c. titik
b. bayangan
7. Gambar di bawah ini yang menunjukkan sore hari adalah ….
a.
b.
c.
8. Batas waktu antara sore hari dan malam hari adalah ….
a. siang c. senja
b. malam
9. Matahari tampak terbenam sekitar pukul ….
a. setengah
enam pagi
b. setengah
enam sore
c. dua
belas siang
10. Udara terasa sejuk di waktu ….
a. malam
b. sore
c. pagi
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban
yang singkat dan tepat!
1. Untuk menjemur pakaian yang telah dicuci
memanfaatkan energi ….
2. Matahari berada tepat di atas kepala pada
pukul ….
3. Cahaya matahari yang mengenai benda
berbentuk ….
4. Untuk mengurangi rasa panas di siang hari
sebaiknya menggunakan pakaian berwarna ….
5. Apabila bayangan ada di sebelah timur
benda, hal ini menunjukkan waktu sudah ….
6. Bumi selalu berputar mengelilingi ….
7. Bagian bumi yang membelakangi matahari
mengalami waktu ….
8. Karena sengatan matahari badan kita terasa
….
9. Posisi cahaya matahari di bumi ketika
siang hari ialah ….
10. Untuk melindungi kaki dari panas matahari
ketika di jalan beraspal sebaiknya menggunakan ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 3 macam olahraga yang cocok
dilakukan di pagi hari!
Jawab :
…………………………………………………………………………………………………
2. Apa yang dimaksud dengan bayangan?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
3. Bagaimanakah ciri-ciri matahari ketika
mulai terbenam?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
4. Di manakah posisi matahari pada pagi hari?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
5. Apa yang kamu pakai ketika berjalan
diterik matahari?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………….
ILMU PENGETAHUAN
ALAM
Standar Kompetensi : Memahami
peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pokok : - Kedudukan matahari
- Kedudukan matari dan bayangan yang dibentuk
- Perbedaan panas matahari
Kelas / Semester : II (Dua) / 2 (Dua)
Ringkasan Materi :
Ø Matahari
memancarkan cahaya yang berguna bagi kehidupan manusia.
Ø Manfaat
cahaya matahari :
a. Bagi
manusia :
- Menjemur
barang-barang yang basah
- Petani
menjemur hasil panen di tempat yang panas.
- Petani garam
membuat garam dengan sinar matahari.
- Nelayan
memanfaatkan sinar matahari untuk mengeringkan ikan asin.
- Cahaya
matahari berguna untuk melihat sesuatu di sekitar kita.
b. Bagi tumbuhan antara
lain untuk proses mengolah makanan fotosintesis.
Ø Cara
menghindari pengaruh panas dan cahaya matahari:
ü Memakai
payung/topi
ü Memakai
pakaian yang terbut dari katun
ü Memakai
kaca hitam bila silau
ü Memakai
pakaian warna putih
Ø
Cahaya matahari mengandung
sinar ultraviolet (sinar yang berbahaya), sinar ini dapat menyebabkan kanker
kulit, maka jangan bermain lama-lama di tempat yang terkena langsung sinar
matahari.
ULANGAN HARIAN IV
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1. Udara terasa segar bila di ….
a. pantai
c. kota
b. pegunungan
2. Apabila selalu kepanasan badan kita menjadi ….
a. putih c. coklat
b. hitam
3. Pada waktu pagi hari sinar matahari mengandung vitamin ….
a. B c. D
b. C
4. Benda yang dapat melindungi silau mata dari sinar matahari
adalah ….
a.
b.
c.
5. Petani garam menggunakan sinar matahari untuk ….
a. menambak air
laut
b. memanaskan
garam
c. menguapkan air
laut
6. Kegiatan yang memanfaatkan sinar matahari adalah ….
a. bermain gundu
b. berenang
c. menjemur
pakaian
7. Sinar matahari yang berbahaya adalah ….
a. panas c. cahaya
b. ultraviolet
8. Matahari condong ke barat waktu ….
a. sebelum tengah
hari
b. tengah hari
c. lewat tengah
hari
9. Cahaya matahari penting untuk tumbuhan, daun yang mendapat
cukup sinar matahari berwarna ….
a. hijau pucat c. kuning terang
b. hijau segar
10. Panas matahari digunakan nelayan untuk mengeringkan ….
a. gabah c. ikan asin
b. krupuk
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Tumbuhan membutuhkan cahaya matahari untuk
proses …..
2. Benda yang …
dapat dikeringkan oleh panas matahari.
3. Pakaian yang cocok di daerah yang panas
terbuat dari bahan ….
4. Sumber cahaya dan panas terbesar di bumi
adalah ….
5. Cara untuk melindungi kepala dari sengatan
sinar matahari, kita memakai ….
6. Benda yang terkena cahaya matahari
akan membentuk ….
7. Menatap matahari secara langsung tidak
baik karena dapat ….
8. Nelayan memanfaatkan panas matahari untuk
….
9. Karena udara panas Nela menghidupkan ….
10. Air panas agar tetap panas kita simpan di ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 3 manfaat matahari bagi manusia!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………
2. Jelaskan manfaat matahari bagi tumbuhan!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………
3. Sebutkan bahaya panas matahari dan cahaya
matahari!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………
4. Sebutkan menghindari bahaya panas dan
cahaya matahari!
Jawab :
……………………………………………………………………………………………………….
5. Mengapa kita dilarang menatap matahari
secara langsung?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………………..
ILMU PENGETAHUAN ALAM
ULANGAN SEMESTER II
I. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b
atau c di depan jawaban yang paling benar!
1. Gambar di samping
menghasilkan energi ….
a. cahaya
b. panas
c. listrik
2. Lampu
petromaks dapat menyala karena mendapat bahan bakar dari ….
a. minyak tanah
b. listrik
c. spirtus
3. Memasak
di tungku menggunakan energy ….
a. minyak tanah
b. kayu bakar
c. gas elpiji
4. Televisi
menghasilkan energi ….
a. listrik dan cahaya
b. cahaya dan panas
c. bunyi dan cahaya
5. Mengayuh
sepeda mengeluarkan energi ….
a. panas
b. suara
c. otot
6. Sumber
energi yang paling banyak digunakan pada malam hari adalah ….
a. lilin
b. listrik
c. matahari
7. Alat
untuk melindungi dari panas matahari adalah …
a. sepatu
b. pakaian
c. payung
8. Pada
pagi hari matahari berada di depan, jika kita menghadap ke ….
a. timur
b. barat
c. selatan
9. Matahari
terbit sekitar pukul ….
a. setengah enam pagi
b. sebelas siang
c. setengah enam
sore
10. Panas matahari mencapai puncaknya pada saat ….
a. pagi hari
b. tengah hari
c. sore hari
11. Sinar
matahari terasa hangat, matahari berada di sebelah barat. Saat itu menunjukkan
…. Hari.
a. sore
b. pagi
c. senja
12. Cahaya
matahari yang mengenai benda membentuk ….
a. bayang-bayang
b. gambar
c. titik
13. Sinar
matahari pagi merupakan sumber ….
a. vitamin A
b. vitamin E
c. vitamin D
14. Cahaya matahari yang berbahaya bagi
kesehatan adalah ….
a. sinar
ultraungu
b. sinar
putih
c. sinar ultraviolet
15. Panas matahari dimanfaatkan untuk membuat ….
a. gula
b. minyak
c. garam
16. Berikut merupakan kegunaan matahari, kecuali ….
a. menerang bumi
b. memutihkan daun
c. membantu proses fotosintesis
17. Pakaian
yang cocok di daerah panas, terbuat dari ….
a. wool
b. katun
c. nilon
18. Aliran
air sungai merupakan energi ….
a. cahaya
b. gerak
c. bunyi
19. Bayang-bayang
pada sore hari lebih … dari bayang.
a. panjang
b. pendek
c. kecil
20. Benda yang dapat melindungi tubuh dari sengatan cahaya matahari
adalah ….
a. sepatu, jas
hujan, payung
b. payung, topi, kacamata
c. kacamata, jas hujan, payung
II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan
jawaban yang singkat dan tepat!
1. Kembang api menghasilkan energi … dan ….
2. Jika pada siang hari lampu nyala,
sebaiknya lampu ….
3. Matahari terbit di sebelah ….
4. Nelayan memanfaatkan panas matahari untuk
….
5. Pukul tiga sore matahari terasa ….
6. Sumber cahaya terbesar bagi bumi adalah ….
7. Cara untuk melindungi kepala dari sengatan
sinar matahari, kita memakai ….
8. Lonceng merupakan sumber energi bumi setelah lonceng tersebut di ….
9. Setelah matahari terbenam keadaan yang
terang berubah menjadi ….
10. Kedudukan dan ukuran bayangan selalu
berubah-ubah karena adanya kedudukan matahari yang ….
III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
dengan jelas dan tepat!
1. Sebutkan 5 peralatan rumah tangga yang
menggunakan energi listrik!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………..
2. Bagaimana cara menghemat energi listrik
dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………..
3. Jelaskan manfaat matahari bagi tumbuhan!
Jawab :
………………………………………………………………………………………………..
4. Bagaimana ciri-ciri matahari ketika mulai
terbenam?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………..
5. Mengapa olahraga di pagi hari lebih baik
daripada siang dan sore hari?
Jawab :
………………………………………………………………………………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar